Rakornas Dukcapil 2024: Percepat Transformasi Digital untuk Pelayanan Publik

Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) 2024 di Hotel Harmoni One, Batam Center. Foto: Diskominfo Kepri

AlurNews.com, (Advertorial) – Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian didampingi Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad membuka Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) 2024 yang diadakan di Hotel Harmoni One, Batam Center, (27/2) malam.

Dalam kesempatannya menyampaikan kata sambutan, Mendagri mengutarakan rasa bahagianya karena dapat kembali hadir di Provinsi Kepulauan Riau.

“Hadir ke Provinsi Kepri serasa sedang pulang ke kampung, karena jalannya yang bebas macet dan suasananya yang adem dan penuh dengan tempat wisata heritage” ucap Menteri Tito.

Kemudian Mendagri menyampaikan urgensi Rakornas Dukcapil. Ia menegaskan betapa pentingnya keberadaan Dukcapil di Indonesia.

“Dukcapil adalah satu-satunya lembaga yang memiliki data kependudukan terlengkap, sehingga menjadikan dukcapil sebagai salah satu lembaga yang terpenting keberadaannya di Indonesia” katanya.

Ia mencontohkan beberapa kementerian dan lembaga negara lainnya yang bergantung kepada data Dukcapil sebagai dasar kebijakan.

“Seperti Kementerian Keuangan menjadikan data milik Dukcapil untuk menyeragamkan NPWP, Kepolisian untuk menerbitkan SIM dan SKCK memakai data Dukcapil, yang tak kita lupa ketika terjadi Covid Kementerian Kesehatan melakukan tracking dengan memakai data milik Dukcapil,” ujar Menteri Tito.