Hadiri Wisuda 501 Mahasiswa UMRAH, Begini Pesan Gubernur Ansar

wisuda mahasiswa umrah
Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan ucapan selamat kepada mahasiswa UMRAH yang diwisuda, Sabtu (16/3/2024). Foto: Diskominfo Kepri.

AlurNews.com (Advertorial) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan pesan penting saat menghadiri wisuda 501 mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di lapangan kampus UMRAH, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (16/3/2024).

Dari jumlah 501 mahasiswa yang diwisuda, rinciannya 402 orang merupakan mahasiswa Sarjana (S1) dan 9 orang mahasiswa Pascasarjana (S2).

Dalam sambutannya Ansar menegaskan pentingnya pendidikan sebagai landasan kemajuan suatu bangsa. Ia menekankan bahwa generasi muda yang berkualitas lahir dari pendidikan yang berkualitas.

Baca Juga: Fakultas Kedokteran UMRAH Dibuka, Senin Mulai Kuliah Perdana

“Mengutip kata-kata Nelson Mandela, “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengubah dunia,” kami menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemprov Kepri.

Ansar mengatakan Kepri merupakan salah satu provinsi yang aktif mengembangkan kualitas pendidikan, hal ini dibuktikan dengan berbagai program dan kerja sama, termasuk dengan UMRAH.

Upaya nyata itu juga diperlihatkan Pemprov Kepri melalui alokasi anggaran yang signifikan untuk pendidikan, termasuk di antaranya beasiswa untuk mahasiswa berprestas dan tidak mampu.

“Provinsi Kepri berhasil merah prestasi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang selalu berada pada kategori “tinggi”. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam memajukan sumber daya manusia di wilayah Kepri,” ujarnya.

Ansar mengajak 501 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan dan keilmuan diwisuda ini untuk mengambil peran pengabdian terbaiknya bagi kemajuan negeri.

“Dengan gelar yang telah disandang saat ini, selayaknya saudara dapat berkontribusi aktif dalam mengembangkan ilmunya, tidak saja bagi kemajuan daerah, tapi juga nasional, bahkan internasional,” harapnya.

Ia berharap para wisudawan dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam dunia kerja, serta mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi perkembangan pendidikan di Kepri.

Rektor Umrah Agung Dhamar Syakti dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa yang diwisuda. Ia mengingatkan agar para wisudawan bisa menjaga nama baik almamater, menjalin silaturahmi, serta ikut berperan dalam program kampus.

“Kami menitipkan amanat kepada wisudawan sekalian, agar dapat menjaga nama baik almamater, tetap menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan almamater tercinta ini, serta dapat ikut berperan serta dalam lembaga pengembangan program-program untuk kemajuan kampus pinang masak yang sama-sama kita cintai ini,” ujarnya. (red)