Pemkab Karimun Kembali Gelar Lomba Kendaraan Hias Takbiran Idul Fitri

Pemkab Karimun kembali gelar pawai kendaraan hias takbir. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pemerintah Kabupaten, Kepulauan Riau (Kepri) kembali mengadakan festival kendaraan hias malam takbiran Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Nantinya, sejumlah kendaraan roda empat yang dimodif menyerupai masjid disertai kumandang takbir akan memeriahkan jalan di Karimun pada malam pengujung Ramadan nanti.

Sekretaris Daerah (Sekda) Karimun, Muhammad Firmansyah menyebutkan festival kendaraan hias tersebut merupakan rangkaian acara pemerintah daerah dalam menyemarakkan malam takbiran Idul Fitri.

“Benar, tahun ini festival kendaraan hias diadakan kembali. Hal ini juga sebagai rangka semarak menyambut Idul Fitri dan melestarikan agenda tahunan,” ucapnya, Selasa (19/3/2024).

Kata dia, nantinya peserta festival kendaraan hias ini akan diikuti oleh para pengurus masjid, musala atau surau, OPD, instansi vertikal dan ormas Islam di Karimun.

Ia mengatakan, dalam festival kendaraan hias tersebut pihaknya telah mengumumkan sejumlah kriteria penilaian seperti tema, kreasi kendaraan, personel dan aturan lainnya.

“Untuk titik kumpulnya juga sudah ditentukan yakni di Coastal Area Karimun, nantinya peserta kendaraan hias ini juga akan mengikuti rute perjalanan yang telah diatur,” terangnya.

Diketahui, pendaftaran festival kendaraan hias ini sudah dibuka sejak 18 Maret dan ditutup pada tanggal 4 April 2024 mendatang.

Adapun total hadiah yang telah disiapkan yakni, juara 1 sebesar Rp11 juta, Juara 2 sebesar Rp10 juta, Juara 3 Rp9 juta. Lalu Harapan 1 sebesar Rp6 juta, Harapan 2 sebesar Rp5,5 juta dan Harapan 3 sebesar Rp4,5 juta. (Andre)