Empat Hektare Lahan dan Hutan di Desa Pongkar Karimun Terbakar

Karhutla di Desa Pongkar, Karimun. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Empat hektare hutan dan lahan di kawasan Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun terbakar. Petugas Damkar dibantu TNI-Polri dan masyarakat berjibaku selama dua jam hingga kobaran api benar-benar dipadamkan.

Beruntungnya kobaran api dapat dijinakkan sehingga tidak meluas ke bagian atas area pergunungan tepatnya kawasan hutan lindung.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD dan Damkar Kabupaten Karimun, Hendra Hidayat mengaku kesulitan saat medamkan api lantaran kondisi medan yang sulit untuk dimasuki kendaraan.

“Dua mobil pemadam kami terjunkan, memang sedikit kesulitan karena medannya terjal dan tidak bisa dimasuki mobil,” ujarnya, Kamis (21/3/2024).

Bahkan Hendra mengatakan sulitnya proses pemadaman di area kebakaran hutan dan lahan itu, membuat pihaknya menggunakan alat manual.

Hendra mengimbau masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan membakar dan tidak membuang puntung rokok secara sembarang, sehingga berdampak kepada kebakaran lahan.

Selain itu, ia juga meminta masyarakat sama-sama berperan mengawasi lingkungan dan saling mengingatkan kepada masyarakat lainnya.

“Mari sama-sama kita menjaga, agar kasus kebakaran tidak meningkat. Apalagi, saat ini musim kemarau, dimana lahan dengan mudahnya bisa terbakar,” katanya. (Andre)