Naik Sepeda Motor Bareng PJU Polda Kepri, Yan Fitri Sambangi Warga Tanjunguma

Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimsyah bersama PJU Polda Kepri berbagi takjil dan buka bersama warga di Kampung Tua Tanjunguma, Batam, Rabu (20/3/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Warga Tanjunguma, Lubukbaja, Batam, Rabu (19/3/2024) kemarin dihebohkan dengan kedatangan Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri yang menyempatkan diri untuk menikmati berbuka puasa dan sholat magrib bersama warga.

Naik sepeda motor bersama Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Syafrudin, Dirintelkam Kombes Zaenal Arifin dan sejumlah PJU Polda lainnya, rombongan berangkat dari Mapolda Kepri menuju Kampung Tua Tanjunguma.

Jenderal bintang dua ini, terlihat sangat ceria saat dikerumuni oleh warga yang ingin menyempatkan diri berfoto atau hanya menyapa.

Yan Fitri mengaku sangat senang menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa. Terutama disaat dirinya secara pribadi, turut serta menyediakan makanan untuk berbuka puasa bagi masyarakat yang hadir.

“Kebetulan ada kegiatan dari Ditreskrimsus di sana, jadi sekalian saja saya datang untuk menyapa masyarakat,” ujarnya.

Bertempat di lapangan sepakbola Tanjunguma, ia menyebut kegiatan merupakan rangkaian pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Polri.

Pengabdian ini dijelaskannya merupakan salah satu program yang sempat dijalankannya, sejak tahun 2018 lalu. Disaat dirinya masih menjabat sebagai Wakapolda Kepri.

“Tujuannya program ini dulu dibuat, untuk memberikan kebahagiaan bagi seluruh elemen masyarakat. Terutama di bulan suci Ramadhan,” lanjutnya.

Yan menjelaskan, dipilihnya Tanjunguma sebagai lokasi pelaksaan program ini, karena merupakan salah satu perkampungan tua di Batam yang terbilang masih menjunjung tinggi nilai kearifan lokal.

“Tanjunguma ini kampung tua. Kami menghargai budaya lokal dimana Tanjunguma ini kampung tua yang cukup besar. Uniknya warga yang tinggal di sini dari berbagai macam suku dan etnis,” katanya.

Tidak cukup hanya ingin berbagi kepada sesama, ia juga menyempatkan diri untuk menunaikan Sholat Magrib di Masjid Nurul Hikmah, yang bersebelahan dengan lokasi kuliner yang terkenal selama bulan Ramadhan.

Yan hanya berjalan kaki menuju masjid, sembari menyapa dan mengajak warga yang ditemuinya saat dalam perjalanan.

“Momen itu mengingatkan saya saat masih remaja dulu. Momen bersama warga kampung tua Tanjunguma, saya rasa tidak bisa saya lupakan,” katanya. (Nando)