KSOP Karimun Prediksi Arus Penumpang Mudik Lebaran 2024 Naik 10 Persen

KSOP Karimun tinjau pelabuhan jelang arus mudik Lebaran 2024. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Memasuki cuti lebaran atau Idul Fitri tahun 2024, arus keberangkatan penumpang di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau diprediksikan naik hingga 10 persen.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Balai Karimun, Supendi usai menggelar apel kesiapan penyelenggaran angkutan laut lebaran, Senin (25/3/2024) pagi.

“Prediksi kami arus mudik lebaran akan naik 10 persen atau sekitar 212 ribu penumpang, jumlah ini mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya,” ucap Supendi.

Menurutnya, puncak arus mudik penumpang diperkirakan terjadi pada H-7 atau sepekan sebelum perayaan Idul Fitri. Sedangkan arus balik penumpang terjadi pada H+4 lebaran.

Kepala KSOP Tanjung Balai Karimun juga menyebutkan armada angkutan yang telah disiapkan berjumlah 50 unit. Selain itu, terdapat 4 armada cadangan guna mengantisipasi lonjakan.

“Untuk armada angkutannya sudah siap, kami berharap ini mencukupi. Selain itu kami juga sudah mendirikan sejumlah posko untuk memastikan arus keberangkatan penumpang aman dan nyaman,” kata dia.

Disela-sela kegiatan itu, pihaknya turut meninjau kesiapan terminal pelabuhan dan armada angkutan serta memberikan himbauan kepada operator kapal agar dapat menjalankan SOP atau aturan keselamatan saat berlayar. (Andre)