Antisipasi Lonjakan Arus Mudik, Imigrasi Batam Perkuat Sistem dan SDM

arus mudik imigrasi batam
Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Batam. Foto: AlurNews.com/Arjuna

AlurNews.com – Selama Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama tahun 2024 ini, pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Batam, Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Unit Layanan Paspor (ULP), ditutup. Hal itu sesuai dengan kalender libur bersama.

Kasi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kanim Batam, Kharisma Rukmana mengatakan untuk pengawasan dan pemeriksaan keimigrasian di TPI masih berjalan seperti biasa.

“Khususnya pada persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri, antisipasi dari Imigrasi Batam masih mengacu pada mekanisme antisipasi peningkatan arus penumpang seperti Lebaran tahun lalu dan seperti liburan Imlek tahun 2024 kemarin,” katanya, Jumat (29/3/2024).

Baca Juga: Imigrasi Batam dan PT. Bandara Internasional Batam Teken PKS

Secara umum, lanjut Kharisma, persiapan pada perlintasan di TPI masih mengacu pada penguatan sistem database, keamanan, kelancaran dan tingkat kinerja kecepatan mesin pada perangkat keras dan perangkat lunak dari mesin autogate serta perangkat pemeriksaan keimigrasian di counter dan office.

Lalu, penguatan ketersediaan SDM dan pemberdayaannya juga digesa. Itu dilakukan dalam pengawasan dan pemeriksaan keimigrasian pada kenaikan arus perlintasan keluar masuk penumpang.

“Kita juga melakukan penguatan kerja sama dan koordinasi antar CIQP (Custom, Immigration, Quarrantine, and Ports) dan kepolisian,” kata dia. (Arjuna)