Natuna Tambah Satu Armada Kapal Hadapi Arus Mudik Lebaran 2024

Kepala Dishub Natuna Alazi. Foto: AlurNews.com/Fadli

AlurNews.com – Menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 M, Pemerintah Kabupaten (PemNatuna telah menambah satu armada kapal untuk melayani pelayaran rute Natuna ke berbagai wilayah dan sebaliknya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Natuna Alazi menjelaskan bahwa penambahan armada kapal tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi lonjakan arus mudik dan arus balik di daerah perbatasan Natuna.

“Untuk mengahadapi arus mudik dan balik Lebaran di Natuna, pemerintah mempersiapkan sejumlah kapal,” kata Alazi, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Jumlah Kasus DBD di Natuna Menurun

Alazi menyatakan tiket kapal seperti KM Bukit Raya telah habis terjual, menunjukkan bahwa lonjakan arus mudik sudah mulai terjadi.

Untuk mengatasi hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna telah menyiapkan sejumlah kapal untuk melayani pelayaran di Natuna, termasuk tambahan satu armada kapal baru yang diberi nama KM L Malahayati.

“Natuna mendapatkan layanan kapal baru dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan. Kapal ini bernama KM L Malahayati,” katanya.

Ia juga menjelaskan, KM L Malahayati akan melayani beberapa rute pelayaran di Natuna, termasuk kecamatan terjauh seperti Pulau Laut, Midai, Serasan, dan Subi.

Kapal ini direncanakan akan tiba di Natuna dalam minggu ini dan akan menggantikan peran KM Sabuk Nusantara 80 yang sudah dialihkan sebelumnya.

Alazi juga menekankan pentingnya persiapan bagi masyarakat yang akan mudik menggunakan transportasi laut, termasuk memastikan memiliki tiket keberangkatan dan persiapan barang bawaan.

Arus mudik Lebaran menggunakan transportasi laut di Natuna selalu tinggi karena dianggap murah dan dapat membawa barang banyak, dengan puncak arus mudik terjadi saat kapal-kapal seperti KM Bukit Raya, KMP Bahtera Nusantara 01, dan Sabuk Nusantara 48 dan 36 sandar di Natuna.

Masyarakat Natuna diimbau untuk mempersiapkan diri dengan baik dan memastikan memiliki tiket agar tidak tertinggal saat keberangkatan kapal.

Semoga dengan penambahan armada kapal ini, arus mudik dan balik Lebaran di Natuna dapat dilayani dengan lebih efisien dan lancar, serta memberikan kenyamanan bagi seluruh penumpang. (Fadli)