Pelanggar Lalu Lintas di Karimun Dominasi Tak Pakai Helm

Pelanggaran lalu lintas di Karimun didominasi pengendara roda dua atau pemotor yang tidak menggunakan helm. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pelanggaran lalu lintas di wilayah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) masih didominasi pengendara roda dua atau pemotor yang tidak menggunakan helm.

Hal tersebut berkaca dari banyaknya pengendara roda dua yang terjaring saat kegiatan penertiban Kawasan Lalu Lintas (KTL) yang dilaksanakan oleh Sat Lantas Polres Karimun baru-baru ini.

Kasat Lantas Polres Karimun, AKP Bakri mengaku kesadaran masyarakat akan keselamatan berkendara masih minim, padahal hal tersebut menjadi faktor penyebab tingginya angka kecelakaan di jalan raya.

“Selama kegiatan penertiban di KTL, kita masih banyak menemukan pengendara yang melanggar dan yang mendominasi yakni pemotor tidak menggunakan helm SNI,” jelasnya kepada media ini saat ditemui, Kamis (2/5/2024).

Selain tak menggunakan helm, pihaknya juga masih banyak menemukan pengendara dibawah umur serta motor yang memakai knalpot brong atau racing.

Lebih lanjutnya lagi, selama kegiatan penertiban berlangsung para pengendara yang kedapatan melanggar akan diberikan teguran. Namun, tidak menutup kemungkinan jika masih melakukan pelanggaran akan ditilang.

Untuk itu, ia mengimbau agar para masyarakat dapat mengikuti aturan lalu lintas serta adanya keikutsertaan peran orang tua dalam mengawasi anak-anak nya dalam berkendara.

“Sekarang kita rutin melaksanakan kegiatan penertiban di kawasan tertib lalu lintas, hal ini kita lakukan agar para pengendara dapat mengikuti aturan yang berlaku. Kita juga pastikan akan tindak tegas para pengendara yang masih mengulang kesalahannya,” sebut dia.

Perlu diketahui, Sat Lantas Polres Karimun menetapkan dua lokasi di Karimun sebagai kawasan tertib lalu lintas (KTL) yakni Coastal Area dan area Kolong. (Andre)