Tiga Calon Haji Embarkasi Batam Tunda Keberangkatan

calon haji embarkasi batam
Para jemaah calon haji Batam saat menjalani manasik haji, Selasa (7/5/2024). Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Sebanyak tiga jemaah calon haji Embarkasi Batam terpaksa menunda keberangkatannya karena beberapa alasan, salah satunya permasalahan kesehatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain menuturkan untuk dua jemaah calon haji yang menunda keberangkatannya, dikarenakan pasangan suami-istri namun berbeda kloter keberangkatan.

“Satu jemaah di kloter lain, tunda keberangkatan karena masalah kesehatan. Tiga peserta itu berasal dari kloter 1, kloter 2, dan kloter 15,” jelasnya, Rabu (8/5/2024).

Baca Juga: 711 Calon Haji Batam Telah Lunasi BIPIH

Zulkarnain juga menambahkan, pada musim haji tahun ini sebanyak 731 calon haji dipastikan berangkat melalui Embarkasi Hang Nadim Batam.

Pihaknya menyebut jadwal kloter satu jemaah haji dari Embarkasi Batam dijadwalkan berangkat pada tanggal 12 Mei, sebanyak 93 calon haji dari Batam, bergabung dengan jemaah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna.

Untuk kloter dua sebanyak 225 calon haji asal Batam berangkat pada 13 Mei, bergabung dengan Kabupaten Karimun dan Kabupaten Anambas.

“Untuk kloter Batam yang satu kloter penuh itu adalah kloter 15 ada di gelombang kedua, akan kita berangkatkan pada tanggal 27 Mei,” terangnya.

Pada keberangkatan haji tahun ini, calon haji tertua berusia 93 tahun dan yang termuda 18 tahun. Zulkarnain mengatakan 65 persen dari total calon jemaah haji dengan rentan usia 45-55 tahun.

“Jadi cukup banyak yang masih muda-muda, yang lansia banyak 10 persen atau sekitar 70-an orang,” kata dia. (Nando)