PPIH Embarkasi Batam Terima Bantuan Lima Kursi Roda

kursi roda embarkasi batam
Para jemaah haji Batam lansia menggunakan layanan kursi roda. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam menerima bantuan lima unit kursi roda bagi jemaah calon Haji katergori lanjut usia.

Bantuan dari Kementerian Agama ini, ditujukan bagi 33 jemaah calon haji lansia, dari dua kloter awal yang sebelumnya telah didata dan kini telah berangkat menuju Madinah.

“Tadinya pengajuan ke pusat hanya 20 unit, namun akhirnya kami mendapat tambahan 5 unit lagi,” terang Ketua PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Mahbub Daryanto, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: 711 Calon Haji Batam Telah Lunasi BIPIH

Mahbub menambahkan, hal ini sejalan dengan tema Haji 2024 yang mengusung Haji Ramah Lansia. Untuk itu, sesuai instruksi Kementerian masing-masing PPIH memprioritaskan pelayanan terhadap calon haji lansia.

“Tahun ini kami juga menambah petugas untuk fokus memberikan pelayanan kepada lansia, yang biasanya hanya tiga orang, tahun ini ada sepuluh orang yang ditugaskan untuk merawat lansia,” ujarnya.

Program Haji Ramah Lansia ini sebelumnya disampaikan Direktur Bina Haji Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Arsad Hidayat. Ia meminta PPIH Embarkasi Batam memberikan pelayanan prioritas kepada jemaah calon haji lansia.

Terkait hal tersebut, ia juga meminta agar upacara pelepasan keberangkatan calon jemaah haji, tidak berlangsung lama dan dibatasi maksimal 30 menit.

“Berkaitan dengan prosesi keberangkatan, seremonial kami batasi 30 menit. Sambutan pun dua orang saja. Tahun ini tagline haji masih sama yaitu Haji Ramah Lansia. Ini merupakan tahun kedua pemerintah dalam menyiarkan Haji Ramah Lansia,” paparnya. (Nando)