Kejari Batam Optimistis Raih Predikat WBK dan WBBM Tahun Ini

kejari batam predikat wbk
Wakil Jaksa Agung (Wajagung) RI, Dr Sunarta, mengunjungi Batam, Senin (20/5/2024). Foto: AlurNews.com/Arjuna

AlurNews.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam, Kepulauan Riau, optimistis lulus dalam penilaian menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun ini.

Dalam rangka persiapan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM, Wakil Jaksa Agung (Wajagung) RI, Dr Sunarta, mengunjungi Batam, pada Senin (20/5/2024).

“Kebetulan di sini, Kejari Batam dicalonkan dan diusulkan untuk meraih predikat WBK. Mudah-mudahan dan mohon dukungannya dari kawan-kawan pers, karena secara diam-diam selalu divalidasi dan dicek KemenPAN, apakah benar kinerjanya, atau bagaimana pelayanan publik dan lain sebagainya. Sehingga pada kesempatan ini saya mohon dukungan agar Batam lolos WBK tahun ini,” ujar Sunarta.

Baca Juga: Kejari Batam Gelar Penerangan Hukum di Batuaji

Semua lembaga kejaksaan di Kepri, juga turut diusulkan untuk meraih predikat tersebut. Tetapi, menurutnya, nanti ada yang berguguran lantaran beberapa hal yang tidak memenuhi syarat.

“Intinya WBK ini adalah peningkatan pelayanan publik, baik bagi pencari keadilan dan lain sebagainya,” katanya.

Dari hasil pengecekan di Kejari Batam, tim Jaksa Agung yang didampingi Kejati Kepri menilai bahwa hasilnya telah bagus. Mulai dari sarana dan prasarana, juga standar pelayanan publik di Kejari Batam.

Ia berpesan kepada Kajari Batam, I Ketut Kasna Dedi, agar menjaga kekompakan antar lini. Menurut Sunarta, pembangunan zona integritas ini harus didukung semua stakeholder.

“Hasilnya bagus. Dari mulai sarana, prasarana, standar yang seharusnya ada sudah kami cek satu per satu. Alhamdulillah, semua sesuai,” ujar dia.

Kajari Kasna sumringah atas apa yang disampaikan oleh Wajagung RI, Sunarta. Dengan dukungan serta arahan dari pimpinan, Kejari Batam optimis akan raihan yang bakal didapat.

“Dengan adanya support dari pimpinan, juga ada arahan dan masukan, tentunya akan segera kita tindaklanjuti. Kekurangan-kekurangan yang harus kita perbaiki, akan kita perbaiki. Tentu kita optimistis, harus optimistis,” ujar Kasna. (Arjuna)