Bantai Leverkusen 3-0, Atalanta Juara Liga Europa

Atalanta juara Liga Europa usai kalahkan Bayern Leverkusen 3-0 di partai final di Stadion Aviva, Dublin, Kamis (23/5/2024). (Foto: reuters)

AlurNews.com – Atalanta berhasil menjadi juara Liga Europa 2023/2024 setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dalam laga final di Stadion Aviva, Dublin, pada Kamis (23/5/2024) dini hari waktu Indonesia.

Pertandingan dimulai dengan tempo tinggi, di mana kedua tim saling menyerang pada menit-menit awal, menjadikan laga tersebut sangat menarik.

Serangan Atalanta yang dimulai dari sepak pojok membuahkan gol pada menit ke-12. Skuad La Dea berhasil membuat pemain Leverkusen tidak bisa menghalau bola jauh dari area pertahanan mereka.

Bola dari Davide Zappacosta kemudian disambut oleh Ademola Lookman yang bergerak tanpa pengawalan, mengejutkan Exequiel Palacios, dan bola pun masuk ke gawang yang dikawal Matj Kovar.

Setelah unggul, Atalanta meningkatkan pressing, yang menyulitkan Leverkusen untuk menyamakan kedudukan.

Tekanan dari Atalanta membuat pemain Die Werkself tidak leluasa. Pada menit ke-27, tekanan tersebut membuat pemain Leverkusen kehilangan penguasaan bola. Lookman kembali menciptakan ancaman dan melepaskan tembakan yang mengubah skor menjadi 2-0.

Peluang terbaik Leverkusen datang lewat Alex Grimaldo pada menit ke-35, namun keputusan untuk melepaskan bola cungkil tidak berhasil dan Juan Musso berhasil mengamankan gawang.

Atalanta hampir mencetak gol ketiga pada menit ke-42, namun penyelamatan Kovar atas sepakan Charles De Ketelaere membuat gawang juara Jerman itu tetap aman.

Keunggulan dua gol Atalanta bertahan hingga turun minum. Anak asuh Gian Piero Gasperini tidak gegabah pada babak kedua. Pressing tanpa dan dengan bola dilakukan demi menjaga peluang meraih gelar pertama di pentas Eropa.

Leverkusen pun tidak kehilangan semangat mencetak gol dan berusaha membangun serangan lebih rapi. Namun, kedisiplinan pemain-pemain Atalanta membuat Leverkusen kesulitan menciptakan ancaman.

Atalanta yang nyaman dengan keunggulan 2-0 tidak mengubah pendekatan gaya main mereka.

Pada saat pertandingan memasuki menit ke-60, beberapa peluang dari Leverkusen seakan menandai kebangkitan mereka dari ketertinggalan.

Namun, saat Leverkusen masih berusaha mencetak gol pertama, Atalanta membangun serangan balik. Lookman menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang dan mencetak gol ketiganya pada menit ke-75.

Selama 15 menit terakhir, Leverkusen berusaha sekuat tenaga mencetak gol, namun hingga laga berakhir skor 3-0 tidak berubah dan Atalanta menjadi juara baru di ajang Liga Europa. (ib)