Mesin Unit 1 PLTU Rusak, Bakal Ada Pemadaman Bergilir di Karimun

kantor ULP Tanjung Balai Karimun. Foto: AlurNews.com/Andre

AlurNews.com- Suplai daya kelistrikan di Pulau Karimun, Kepulauan Riau mengalami defisit atau kekurangan daya sebesar 1,7 Megawatt (MW). Hal itu dikarenakan mesin unit 1 di Pembangkit Listeik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Sebatak, Kecamatan Tebing mengalami kerusakan genator.

Kepala ULP PLN Tanjung Balai Karimun Marwan Sholeh mengatakan kekurangan daya listrik yang terjadi saat ini dapat berimbas pada pemadaman listrik bergilir ke sejumlah wilayah.

“Beban puncak biasanya terjadi pada pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB, hal ini melebihi daya yang tersedia. Jadi bisa berpotensi pemadaman listrik bergilir,” ucapnya saat dihubungi, Minggu (26/5/2024).

Baca Juga: PLN Tambah 10 Mesin Pembangkit, Listrik di Karimun Bakal Suprlus Daya

Marwan mengatakan proses perbaikan mesin unit 1 di PLTU Tanjung Sebatak diperkirakan memakan waktu hingga satu pekan ke depan.

Untuk mengatasi kekurangan daya itu, pihaknya telah menyurati dan berkoordinasi dengan pihak hotel serta swalayan agar dapat beralih menggunakan genset mandiri saat beban puncak terjadi.

“Kami meminta pihak hotel dan swalayan agar memakai genset pribadi dahulu untuk sementara waktu. Tapi jika beban masih tinggi terpaksa kami lakukan pemadaman dengan mekanisne selama 3 jam di setiap wilayah yang terjadwal,” kata dia. (Andre)