Dispangtan Semprot Wabah Ulat Bulu Api di Pelambung Karimun, 190 KK Terdampak

Dispangtan Karimun semprot wabah ulat bulu di kawasan Pelambung, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing, Senin (27/5/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dalam upaya membasmi wabah ulat bulu api yang terjadi di kawasan Pelambung, Desa Pongkar, Kecamatan Tebing,  Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) mulai melakukan penyemprotan.

Diketahui tercatat sebanyak 190 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 601 jiwa terdampak wabah ulat bulu api di kawasan tersebut.

Dikatakan Kepala Dispangtan Karimun, Sukrianto Jaya Putra mengatakanselama proses penyemprotan berlangsung, sebagian besar warga diungsikan untuk sementara waktu guna menghindari terkena cairan kimia.

“Sebagian besar mereka (warga-red) mengungsi ke rumah saudaranya dan ada juga beberapa di Koramil. Karena kami tidak mendirikan tenda pengungsian,” ucapnya saat dihubungi, Senin (27/5/2024).

Sukri melanjutkan untuk penyemprotan, pihaknya dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Karimun.

Ia mengatakan adapun zat kimia yang digunakan untuk membasmi wabah ulat bulu api tersebut yakni jenis Insektisida.

“Kita pakai Insektisida, lalu disemprot menggunakan mobil Damkar agar dapat menyebar skala besar dan luas,” terangnya.

Dirinya juga memastikan setelah penyemprotan zat kimia itu, ulat bulu api yang menyerang kebun dan pemukiman warga dapat diatasi.

“Biasanya setelah disemprot ulat-ulat itu mati, mudah-mudahan hari ini selesai dan bisa diatasi semua,” tuturnya. (Andre)