Gubernur Ansar Hadiri Tabligh Akbar Pembukaan FESyar Sumatera 2024

FESyar Sumatera 2024
Gubernur Kepri Ansar Ahmad hadiri FESyar Sumatera 2024, Minggu (26/5/2024). Foto: Diskominfo Kepri.

AlurNews.com (Advertorial) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri tabligh akbar dalam pembukaan rangkaian Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Sumatera tahun 2024 di lapangan parkir Harbour Bay, Kota Batam, Minggu (26/5/2024) malam.

FESyar Sumatera 2024 merupakan agenda tahunan yang dihelat oleh Bank Indonesia untuk mendukung akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Tabligh akbar tersebut dihadiri oleh tamu kehormatan Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf. Pendakwah asal Surakarta yang dikenal dengan lantunan salawatnya.

Baca Juga: Bank Indonesia dan DPRD Optimalkan Potensi Ekonomi Kepri di 2024

Hadir juga Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Imam Hartono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Utara, Aceh, Pematang Siantar, Sibolga, Riau, perwakilan FKPD Kepri, dan para tamu serta hadirin undangan tabligh akbar.

Dalam sambutannya Gubernur Ansar mengatakan konsep ekonomi syariah sendiri sejatinya sebuah sistem ekonomi pelaksanaanya sesuai dengan ajaran Islam dengan berlandaskan pada prinsip keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan.

“Dalam pelaksanannya, ekonomi syariah bisa menegakkan keadilan dan persaudaraan. Muaranya juga akan bisa melahirkan kesetaraan atau keseimbangan pendapatan dan tentunya sesuai dengan apa yang disyariatkan dalam ajaran Islam, ” kata Ansar.

Terkait pelaksanaan ekonomi syariah di Provinsi Kepri, diharapkan para pelaku UMKM mulai bisa menerapkan pelaksanaan sistem ekonomi syariahnya, dalam melakukan berbagai transaksi untuk kegiatan usaha dan bisnisnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri Suryono mengaku gelaran tabligh akbar ini adalah rangkaian FESyar 2024 Regional Sumatera. Kegiatan ini terselenggara karena dukungan luar biasa semua pihak baik Pemprov Kepri dan juga kabupaten/ kota se Kepri.

“Kegiatan FESyar 2024 kali ini diharapkan akan menjadi penggerak ekonomi syariah di Provinsi Kepri. Dengan demikian Provinsi Kepri akan menjadi provinsi yang menerapkan ekonomi syariah menuju Indonesia Shariah Economic Festival (ISEF)” ujarnya.

FESyar Sumatera 2024 dilaksanakan 26 Mei hingga 2 Juni 2024 di Kota Batam Provinsi Kepri. Kegiatan akan berlangsung selama sepekan.

Berbagai kegiatan diadakan untuk memeriahkan event tahunan tersebut. Di antaranya Indonesia International Halal Chef Competition, pameran UMKM dan bazar, fashion show, seminar keuangan dan ekonomi syariah, seminar optimalisasi dana Ziswaf, seminar penguatan ekosistem produk halal, seminar pemberdayaan usaha syariah, lomba kreasi sholawat, stand up comedy, lomba mewarnai, lomba adzan, lomba dai cilik hingga lomba dakwah ekonomi syariah. (red)