Persatuan Insinyur Indonesia BK Sipil Goes To Campus Uniba

Persatuan Insinyur Indonesia BK Sipil Goes To Campus Uniba. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Persatuan Insinyur Indonesia (PII) kembali menerangkan secara detail peran Building Information Modeling (BIM) yang merupakan salah satu inovasi revolusioner dalam industri konstruksi yang mengubah cara perencanaan,baik secara desain dan konstruksi di laksanakan di lapangan.

BIM juga tidak hanya sekadar alat perangkat lunak, namun merupakan pendekatan terpadu untuk mengelola informasi dan data proyek konstruksi secara efisien.

“BIM tidak hanya mencakup visualisasi detail fisik bangunan,etapi juga menyertakan informasi penting seperti estimasi biaya,spesifikasi material, jadwal perencanaan proyek dan pemantauan kondisi bangunan,” jelas Direktur Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia, Ir.Firman Parmudianto, Kamis (30/5/2024).

Kegiatan ini sendiri merupakan rangkaian kegiatan Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam yang telah berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 29 sampai dengan 30 Mei 2024.

Acara yang bertajuk”Introduction Building Information Modeling For Smart Construction Process”yang diterjemahkan terkait pengenalan pemodelan informasi bangunan untuk proses konstruksi cerdas.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini di komandoi oleh Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Batam dengan pendamping oleh LPPM Uniba yang bekerjasama dengan Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia.

Rektor Uniba, Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal.,M.Eng.,IPU.,ASEAN.,Eng menambahkan kehadiran ;Building Information Modeling. Tidak hanya memvisualisasikan struktur fisik bangunan, tapi juga mengandung informasi yang aktual seperti,spesifikasi material, jadwal dan biaya yang cukup efisiensi.

Menurut Ketua Panitia Seminar dan Workshop, Ir.Herlina mengatakan ada dua sesi yang dilaksanakan dalam kegiatan ini yaitu,pemateri pertama oleh Ir.Akhbar Ilmiah Room,ST.,IPU.,APEC Eng sebagai Dosen Prodi Teknik Sipil Uniba,sedangkan pemateri kedua di komandoi oleh Halin Muqron,ST yang merupakan Senior BIM Koordinator PT. Adhi Karya (Persero)TBK.

Hal senadah juga di sampaikan oleh Dekan Fakultas Teknik, Dr.Ir.Edi Indera,M.Si menyampaikan apresiasi dan bangga atas terpilih nya Universitas Batam oleh PII BK Sipil dalam ajang acara BIM Workshop di tahun 2024.

“Tentu kegiatan Goes To Campus yang di inisiasi oleh Persatuan Insinyur Indonesia(PII) menjadi kebanggaan bagi Uniba,” tutup Edi Indera. (Nando)