Bandara Internasional Batam Wujudkan Kemudahan Penerbangan Batam-Incheon

Penandatanganan kerjasama antara Presiden Direktur Lion Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi, dan Presiden Direktur Jeju Air, Kim E-Bae di Jakarta, Selasa (4/6/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Perusahaan maskapai penerbangan Lion Group dan Jeju Air, telah mengumumkan kerjasama strategis (code share) yang akan mempermudah masyarakat atau pengguna jasa dalam menjelajahi destinasi internasional.

Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Presiden Direktur Lion Group, Capt Daniel Putut Kuncoro Adi, dan Presiden Direktur Jeju Air, Kim E-Bae di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah menjelaskan penandatanganan komitmen ini, sejalan dengan tindak lanjut PT Bandara Internasional Batam (BIB) dalam menghadirkan dan memperluas konektivitas penerbangan internasional dan mengeksplor iklim investasi, destinasi pariwisata di Batam, Kepulauan Riau, serta wilayah Sumatera lainnya ke mancanegara.

“Kerjasama ini adalah implementasi dari kolaborasi strategis antara bandar udara dan maskapai penerbangan nasional serta asing,” jelasnya melalui aplikasi pesan singkat, Selasa (4/6/2024) sore.

Kerjasama antar dua makspai ini, juga diharapkan menjadikan PT BIB bertransformasi dari entitas tunggal menjadi bagian dari ekosistem yang lebih besar, dengan peran sebagai orchestrator dalam mewujudkan rute penerbangan internasional.

Pikri menilai, Batam adalah kunci utama strategi Indonesia untuk memperbaharui hak lalu lintas udara, sehingga rute penerbangan Batam-Incheon dan sebaliknya dapat diwujudkan dengan memanfaatkan kekuatan Lion Group di pasar domestik.

“Penerbangan Incheon-Batam akan terhubung dengan penerbangan domestik Lion Group melalui Batam,” lanjutnya.

Dengan layanan penerbangan yang lebih terintegrasi, masyarakat atau pengguna jasa dari Korea Selatan dan negara-negara lainnya dapat dengan mudah mengunjungi kota-kota di Indonesia melalui Batam dan Bali.

“Ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan asing dan memberikan kontribusi positif bagi
pariwisata Indonesia,” lanjutnya.

Layanan code share Lion Group dan Jeju Air, disebut memiliki semangat memperkenalkan lebih banyak wisatawan asing ke Indonesia.

Kemitraan ini diharapkan tidak hanya akan memperkuat hubungan bilateral antara Korea Selatan dan Indonesia, tetapi juga akan membuka peluang baru bagi pengembangan pariwisata di kedua negara.

“Kami sangat menantikan dampak positif dari kerjasama ini bagi para pelancong dan industri pariwisata,” paparnya. (Nando)