Jelang Idul Adha 2024, Kebutuhan Hewan Kurban di Karimun Meningkat

Kebutuhan hewan kurban di Karimun meningkat jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Jelang perayaan Idul Adha 1445 H/2024 M kebutuhan hewan kurban di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) meningkat.

Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kebutuhan hewan kurban seperti sapi dan kambing mengalami peningkatan hingga 10-15 persen.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Karimun, Sukrianto Jaya Putra mengatakan tahun 2024 ini kebutuhan sapi kurban mencapai 589 ekor dan baru tersedia 511 ekor. Sedangkan, kebutuhan kambing kurban mencapai 620 ekor dan baru tersedia 495 ekor.

“Meningkat hingga 10-15 persen, meski sekarang masih kekurangan tetapi kami memastikan ketersediaan hewan kurban akan mencukupi,” kata Sukri, Rabu (5/6/2024).

Dirinya mengatakan, kekurangan hewan kurban tersebut akan dipasok dari luar daerah. Namun tetap memprioritaskan peternak-peternak lokal terlebih dahulu.

“Kita prioritaskan dahulu peternak lokal, untuk itu sekarang masih didata petugas. Jika masih kurang maka baru kita pasok dari luar daerah,” terangnya.

Selain itu, ia juga memastikan hewan kurban yang akan disembelih pada Idul Adha mendatang telah melalui pemeriksaan ketat oleh dokter hewan dan layak konsumsi.

“Sebelum diperjual belikan kita pastikan dahulu hewan kurban ini sehat dan layak konsumsi, kita terus berkoordinasi dengan peternak apabila ada kelainan atau penyakit pada hewan ternak mereka,” ujarnya. (Andre)