Ribuan Calon Siswa SD Batam Daftar Jalur Afirmasi, Masih Banyak yang Belum Verifikasi

Kepala Disdik Batam, Tri Wahyu. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Terhitung hingga 4 Juni kemarin, sudah ada 2.156 calon siswa Sekolah Dasar (SD) yang telah mendaftar lewat jalur afirmasi pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Batam tahun ini.

Dari jumlah tersebut, hanya ada 386 calon siswa yang telah melengkapi berkas pendaftaran. Yang selesai diverifikasi sekitar 266.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Tri Wahyu Rubianto mengatakan, pada umumnya mereka yang mendaftar ini untuk membuat akun di aplikasi PPDB.

“Jadi pada saat jalur zonasi dan perpindahan orang tua wali nanti, mereka tinggal daftar saja karena sudah punya akun,” kata dia, Rabu (5/6/2024).

Selain itu, Disdik Batam menyiapkan posko pengaduan agar segala macam bentuk keluhan atau kesulitan bagi calon siswa dapat ditangani. Layanan yang disapkan pun beragam. “Stanby call center sudah kita siapkan,” katanya.

Hal yang sering ditanyakan oleh calon siswa atau orang tua siswa itu terkait mereka yang sudah menerima Program Indonesia Pintar (PIP) apakah otomatis bisa masuk di jalur afirmasi atau tidak.

“Saya katakan tidak, karena untuk PIP tadi belum tentu dari keluarga tidak mampu, tetapi untuk pemengang KIP berasal dari keluarga tidak mampu,” kata Wahyu.

Sampai dengan kemarin sudah ada yang melakukan pengaduan. Rata rata kendala para peserta didik adalah hanya mempertanyakan data mereka saja. (Arjuna)