Puluhan Ribu Calon Siswa SD-SMP di Batam Dipastikan Tertampung

Kepala Disdik Batam, Tri Wahyu. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Pemko Batam menyiapkan 348 jumlah rombongan belajar (rombel) untuk tingkat SD, dan 326 rombel tingkat SMP, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024-2025. Perkiraan siswa yang dapat ditampung lebih dari 25 ribu.

Dari kuota 348 rombel SD, dapat menampung sebanyak 12.528 calon siswa. Kemudian untuk SMP dapat mewadahi 13.040 pelajar dari total 326 rombel tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, Tri Wahyu Rubianto, Jumat (7/6/2024). Setiap satu rombel tingkat SD, dapat memuat 36 siswa, dan SMP 40 siswa.

“Kalau menampung semuanya, jelas tidak. Saya lihat sama seperti sebelumnya, sekolah swasta yang favorit sudah penuh,” katanya.

Menyoal keterbatasan ruang kelas dan jumlah guru, Pemko Batam mengambil langkah deskresi, yakin menetapkan batasan jumlah siswa per rombel. Kebijakan itu dilakukan lantaran tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menyekolahkan anak di sekolah negeri.

Sementara untuk daerah kabupaten, kota, maupun provinsi, sudah tidak dbolehkan lagi menerima tenaga pendidik berstatus honorer. Dari situ, dinas kesulitan memambah rombel.

“Kemudian, karena sebagian guru yang ada sudah diangkat menjadi PPPK, tetapi karena tidak linear, maka mereka memilih jalur teknis, sehingga tidak menjadi guru lagi,” kata Wahyu. (Arjuna)