Ini Dugaan Sumber Api Penyebab Kapal Kargo di Pelantar Buru Karimun Terbakar

Kapolres Karimun AKBP Fadli Agus. Foto: AlurNews.com/Andre

AlurNews.com – Polres Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) mengungkapkan dugaan sementara penyebab kebakaran yang menghanguskan satu unit kapal kargo di Pelantar CV Bandar Karimun, Kecamatan Buru.

Kapal kargo tanpa muatan itu mengalami kebakaran hebat saat sedang bersandar di pelantar atau pelabuhan sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut keterangan Kapolres Karimun, AKBP Fadli Agus, kebakaran kapal kargo itu diduga bersumber dari korsleting arus listrik dalam kamar mesin kapal.

“Dugaan sementara api bersumber dari korsleting arus listrik dari dalam kamar mesin kapal, namun kasus ini masih kita dalami,” ungkap Kapolres saat ditemui, Sabtu (8/6/2024).

Lebih lanjut dia, saat proses pemadaman api, kapal kargo tersebut juga terpaksa diarungkan ke tengah laut. Hal ini dilakukan agar kobaran api tidak merambah ke rumah warga.

Ia juga mengatakan saat kejadian, kapal tersebut dalam keadaan kosong atau tidak bermuatan.

Pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka akibat kejadian itu. Saat ini Kepolisian masih menghitung total kerugian materil yang ditimbulkan.

“Beruntung dari peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa atau luka-luka, karena saat kejadian kapal dalam keadaan kosong. Untuk total kerugian materil masih dihitung,” ujarnya. (Andre)