Revitalisasi Masjid Agung Batam Digesa, Bakal Diresmikan 30 Agustus

masjid agung batam
Walikota Batam Muhammad Rudi meninjau proyek revitalisasi Masjid Agung Batam, Sabtu (8/6/2024). Foto: mediacenter.batam.go.id

AlurNews.com – Proyek renvitalisasi Masjid Agung Batam saat ini digesa, masjid tersebut rencananya akan diresmikan pada 30 Agustus mendatang. Walikota Batam Muhammad Rudi pun meninjau proses pembangunan masjid yang berlokasi di Batam Center itu, Sabtu (8/2/2024).

“Sebelum diresmikan, saya ingin semua fasilitasnya sesuai yang kami rencanakan agar jemaah nantinya bisa nyaman saat beribadah di Masjid Agung Batam Centre ini,” kata Rudi, dikutip dari laman resmi Pemko Batam.

Rudi beberapa kali meminta kepada petugas di lapangan untuk memastikan fasilitas masjid seperti pengeras suara, videotron, jaringan internet, taman, menara, sistem pembuangan air dan fasilitas lainnya.

Baca Juga: Revitalisasi Masjid Agung Batam Molor Lagi, Pemko Bakal Denda Kontraktor?

Saat ditinjau oleh Rudi. pekerja sedang dalam proses menyelesaikan kubah masjid hingga plafon. Beberapa pekerja memasang granit dan pengerjaan lainnya. Diakui Rudi, proyek renovasi Masjid Agung Batam ini sempat molor karena terkendala hujan dan berbagai hal lainnya.

“Saya menggesa agar segera selesai dan rencana akan kami resmikan 30 Agustus 2024,” ujar Rudi yang juga menjabat Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kepri tersebut.

Ia berharap, masjid tersebut segera difungsikan mengingat masjid tersebut menjadi tumpuan masyarakat di kawasan Kecamatan Batam Kota untuk menjalankan ibadah.

“Hampir setahun tak beroperasi, kami ingin masjid yang bagus dan besar ini segera difungsikan,” ujarnya.

Rudi mengatakan pembangunan yang menggunakan anggaran multi years ini di tahun 2025 akan dilengkapi lagi dengan pembangunan dua menara dan penghijauan di kawasan masjid.

Masjid tersebut kata Rudi bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tapi ke depannya juga digadang mejdai destinsi wisata religi di Batam. Masjid tersebut kata Rudi akan melengkapi sejumlah masjid yang sudah dibangun di Batam

“Ada beberapa masjid yang megah kita bangun seperti Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Masjid Tanjak. Dan kami juga berencana membangun masjid berbentuk kapal di Nongsa dan masjid di kawasan KEK Kesehatan,” ujarnya.

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kota Batam, Azril Apriansyah, menjelaskan berbagai progres pembangunan masjid tersebut hingga kapasitasnya.

“Untuk ruang utama mampu menampung 2.500 jemaah dan secara keseluruhan masjid ini mampu menampung 20 ribu jemaah,” katanya. (red)