PLN Batam Gelar Aksi Bersih Pantai Tanjunguma

PLN Batam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan aksi bersih Pantai Tanjung di Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubukbaja, Rabu (5/6/2024) lalu. (Foto: PLN Batam)

AlurNews.com – PLN Batam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) dengan aksi bersih Pantai Tanjung di Kelurahan Tanjunguma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, Rabu (5/6/2024) lalu.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Employee Green Involvement yang dilakukan serentak oleh PLN seluruh Indonesia. Menjadikan momen peringatan HLH, untuk mengingatkan kesadaran karyawan dan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Untuk wilayah Batam, kegiatan diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari karyawan PT PLN Batam, Warga Tanjung Uma dan sejumlah komunitas peduli lingkungan yang ada di Batam.

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT PLN Batam, Pardamean Matondang mengingatkan bahwa dampak krisis iklim sudah terasa dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu, perlu aksi nyata guna meminimalisasi dan mencegah risiko pemanasan global di masa mendatang dengan berlandaskan pada prinsip keadilan agar tidak ada pihak yang tertinggal.

“Peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day, sudah dimulai sejak tahun 1972 ketika Majelis Umum PBB menetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada saat Konferensi Stockholm. Artinya sejak lima puluh tahun yang lalu dunia internasional sudah memahami bahwa jika bumi tidak dirawat, maka bumi juga bisa rusak,” ujar Pardamean, Senin (10/6/2024).

Ia menambahkan bahwa kegiatan bersih Pantai Tanjung ini merupakan salah satu bentuk langkah nyata dari PLN Batam untuk melestarikan lingkungan.

“PT PLN (Persero) juga sudah punya target bahwa kita sedang menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060. Sudah tidak ada lagi pembangunan pembangkit batu bara yang baru, green energy harus menjadi opsi utama. Oleh karena itu kami membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholders dan penggiat lingkungan. Mari kita saling bahu membahu dalam menjaga lingkungan sekitar,” lanjutnya. (Nando)