Sambut Hari Raya Idul Adha, Pemkab Karimun Bakal Adakan Festival Bedug 2024

Pemkab Karimun gelar Festival Bedug sambut Hari Raya Idul Adha 2024. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M, Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) akan mengadakan festival bedug.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Karimun itu akan dipusatkan di Panggung Putri Kemuning, Coastal Area Karimun pada 16 Juni 2024 mendatang.

Kepala Bagian Kesra Karimun, Baginda Malim Siregar mengatakan kegiatan festival bedug tersebut nantinya akan dikuti oleh sejumlah pengurus Masjid, Surau, OPD, Instansi Vertikal dan Ormas Islam di Kabupaten Karimun.

“Pendaftarannya telah dibuka dari tanggal 10-14 Juni 2024 mendatang, untuk tempat mendaftarnya peserta bisa datang ke kantor Kesra Karimun,” kata Baginda, Senin (10/6/2024).

Adapun persyaratannya yakni masing-masing peserta maksimal terdiri dari 10 orang (per group), peserta berusia diatas 7 tahun, lomba pukul bedug dilaksanakan dalam sistem sekali penilaian.

Kemudian, peserta melakukan pukul bedug dan lantunan takbir, setiap peserta diberikan durasi atau waktu maksimal 10 menit, peserta tampil dengan 5 buah bedug yang telah ditentukan panitia, berbusana muslim dan sopan.

Baginda menjelaskan, dalam penilaian kegiatan itu pihaknya telah menunjuk 3 orang dewan juri yang terdiri dari LPTQ, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Pariwisata Karimun.

“Kreteria penilaiannya ada beberapa macam seperti teknik dan kreatifitas pukulan bedug, vocal, penampilan dan penilaian waktu tampil,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menyediakan uang pembinaan bagi peserta yang berhasil menjuarai dengan rincian Juara I sebesar Rp7 juta, Juara 2 sebesar Rp6 juta, Juara 3 sebesar Rp5 juta dan Juara 3 sebesar Rp4 juta. (Andre)