Terkena Iskemia dan Edema Paru, Tiga JCH Embarkasi Batam Meninggal di Tanah Suci

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat melepas JCH Embarkasi Batam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mencatat tiga Jemaah Calon Haji (JCH) dari Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) meninggal dunia saat proses menjalankan ibadah Haji.

Ketiga calon haji tersebut juga didata berasal dari Provinsi Riau, dan Provinsi Kalimantan Barat.

“Ketiga calon Haji ini meninggal di Makkah, ada yang berasal dari Kalimantan Barat dan Riau,” terang Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim BatamznMuhammad Syafi’i, Selasa (11/6/2024).

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) 2024, jamaah calon haji yang meninggal di Tanah Suci memiliki risiko tinggi terhadap kondisi kesehatan.

Adapun penyakit yang mengidap pada calon haji itu di antaranya, iskemia (kondisi kurangnya suplai darah ke organ tertentu) dan edema paru (terlalu banyak cairan di paru-paru).

“Tiga calon haji itu dimakamkan di pemakaman Sharae Makkah,” ujar dia.

Tiga calon haji yang meningga dunia yaitu, Arsyad Pawellanv Maketti (55) tergabung dalam kloter BTH-14, Said Satiman Ismael (78) tergabung dalam kloter BTH-20, Halimah Juri Abdul Latif (59) tergabung dalam kloter BTH-13.

Hingga saat ini, PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam mencatat 7 orang calon haji meninggal dunia di Tanah Suci, Madinah dan Makkah, Arab Saudi.

Kementerian Agama (Kemenag) RI mencatat sebanyak 198.273 calon haji Indonesia telah berada di Arab Saudi guna mengikuti rangkaian kegiatan ibadah haji pada hari ke-28 operasional pemberangkatan haji Indonesia.

“Calon haji yang sudah tiba di Tanah Suci berjumlah 198.273 orang yang terbagi dalam 505 kelompok terbang,” kata Petugas Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) RI Widi Dwinanda dalam konferensi pers penyelenggaraan ibadah haji yang diikuti secara daring.

Adapun pada hari ini, Widi menyebutkan terdapat 13 kelompok terbang (kloter) dengan jumlah 5.211 calon haji yang akan diterbangkan ke Jeddah. (Nando)