Tahun Ajaran Baru, SPP SMA, SMK dan SLB Negeri di Kepri Gratis

Kepala Disdik Kepri Andi Agung. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menggratiskan iuran SPP bagi siswa SMA, SMK, dan SLB negeri mulai tahun ajaran Juli 2024.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Andi Agung menjelaskan dalam program ini Pemprov Kepri memiliki anggaran total sebesar Rp70 miliar. Dengan pengalokasian anggaran di tahap awal sebesar Rp43 miliar, untuk SPP gratis di enam bulan pertama atau periode Juli – Desember 2024.

“SPP gratis untuk SMK, SMA dan SLB. Namun program ini hanya berlaku bagi satuan pendidikan negeri,” paparnya saat ditemui di Batam, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga: Program SPP Gratis Siswa SMA/SMK di Kepri Mulai Juli 2024

Andi menjelaskan, anggaran untuk program SPP gratis SMA, SMK, dan SLB ini berasal dari Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda).

Dinas Pendidikan berharap mendapat dukungan dari semua pihak agar pendapatan asli daerah (PAD) di APBD Kepri terus meningkat. Hal ini penting agar ke depannya program SPP gratis dapat mencakup seluruh sekolah negeri dan swasta di Kepri.

“Kalau bisa, program ini bisa berlanjut setiap tahun,” harapnya.

Pihaknya turut mengingatkan satuan pendidikan tidak melakukan pungutan-pungutan lain. Dengan adanya bantuan ini, Pemprov Kepri berharap tidak ada lagi anak di Kepri yang berhenti atau putus sekolah karena alasan biaya. (Nando)