Bakamla Karimun Gelar Edukasi Hukum kepada Nelayan

penyuluhan hukum nelayan karimun
Bakamla Karimun memberikan penyuluhan hukum kepada para nelayan yang tergabung dalam Rapala Karimun, Jumat (14/6/2024). Foto: AlurNews.com/Andre

AlurNews.com – Badan Keamanan Laut (Bakamla) menggelar penyuluhan atau edukasi hukum kepada nelayan di Kabupaten Karimun yang tergabung sebagai Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala), Jumat (14/6/2024).

Rapala Karimun merupakan perkumpulan para nelayan yang dibentuk oleh Bakamla pada tahun 2021 lalu untuk menjadi garda terdepan memberikan informasi ataupun kejadian di laut.

Dalam kegiatan penyuluhan atau edukasi hukum itu, Bakamla turut menggandeng Badan Kesatuan Bangsa dan PolitikĀ (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri di Karimun.

Baca Juga: Ketua TP PKK Kepri Luncurkan Gercep Anting di Karimun

Kepala Stasiun Bakamla Karimun, Mayor Bakamla Insan Aulia mengatakan penyuluhan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum pada masyarakat pesisir khususnya nelayan.

“Penyuluhan ini penting, kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan hukum para peserta. Terlebih lagi jika dilakukan secara berkesinambungan demi terwujudnya keamanan dan keselamatan di laut,” tuturnya.

Dala kegiatan itu para anggota Rapala atau nelayan diminta dapat memberikan informasi terhadap segala bentuk ancaman atau pelanggaran maritim. 

“Di Kepri ini sangat rentan terhadap segala bentuk pelanggaran maritim seperti illegal fishing, pembajakan bahkan perdagangan manusia (TPPO). Untuk itu kegiatan ini kita harapkan dapat memperkuat sinergitas dan kolaborasi,” kata dia.

Terpisah, Kepala Kesbangpol Kepri, Raja Hery Mokhrizal mengatakan melalui kegiatan ini juga dapat menjadi wadah atau tempat untuk para nelayan menyampaikan masukan dan keluhan yang dialami.

“Mereka (Rapala-red) membutuhkan wadah atau tempat untuk menyampaikan masukan dan keluhan yang dirasakan, maka dari itu kegiatan edukasi atau penyuluhan ini perlu dilakukan secara bertahap,” ucapnya.

Di akhir kegiatan itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap anggota Rapala, Bakamla Karimun memberikan bantuan sosial berupa paket sembako. (Andre)