Iduladha 1445 H, Polda Kepri dan Jajaran Sembelih 65 Sapi dan 36 Kambing

iduladha polda kepri
Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimsyah meninjau pelaksanaan penyembelihan kurban di Masjid Al Halim Polda Kepri, Senin (17/6/2024). Foto: Humas Polda Kepri

AlurNews.com – Polda Kepri dan jajaran Polres dan Polresta se-Kepri menyembelih sebanyak 65 ekor sapi dan 36 ekor kambing di momen Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah, Senin (17/6/2024).

Selain pemotongan hewan kurban diselenggarakan pula salat Iduladha dan penyerahan daging kurban di Masjid Al Halim Polda Kepri.

Acara tersebut dihadiri Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, Ketua Bhayangkari Daerah Kepri Retno Dewi Yan Fitri, Wakapolda Kepri Brigjen Pol Asep Safrudin, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Kepri Detta Asep Safrudin, Pejabat Utama (PJU) Polda Kepri, pengurus Bhayangkari Daerah Kepri, personel Polda Kepri, dan Panitia Kurban Polda Kepri.

Baca Juga: Salurkan 6 Sapi Kurban, TJK Power Sasar Warga Kampung dan Pulau di Nongsa

Kegiatan diawali dengan pelaksanaan salat Iduladha dilanjutkan dengan penyampaian sambutan oleh Kapolda Kepri, pemotongan hewan kurban, dan penyerahan daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam sambutannya, Yan Fitri mengatakan Iduladha memiliki nilai-nilai penting yang perlu ditanamkan dalam diri setiap insan, yaitu semangat pengorbanan, keikhlasan, dan kerelaan. Ia juga mengingatkan makna ibadah kurban sebagai bukti ketaatan dan keikhlasan kepada Allah SWT.

“Ibadah kurban memiliki nilai sosial dan kemanusiaan, yaitu menumbuhkan rasa cinta kasih dan kepedulian terhadap sesama. Saya juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara ini,” ujarnya.

Yan Fitri berharap semangat pengorbanan yang terkandung dalam Iduladha dapat menjadi inspirasi bagi seluruh personelnya untuk terus meningkatkan kualitas diri dan kinerja dalam melayani masyarakat.

Adapun jumlah keseluruhan hewan kurban Polda Kepri dan jajaran yaitu sebanyak 65 ekor sapi dan 36 ekor kambing dengan rincian Polda Kepri 33 ekor sapi dan 7 ekor kambing, Satbrimob Polda Kepri 2 ekor sapi dan 11 ekor kambing, SPN Polda Kepri 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Kemudian Polresta Barelang 7 ekor sapi dan 13 ekor kambing, Polresta Tanjungpinang 4 ekor sapi, Polres Karimun 7 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Polres Bintan 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing, Polres Lingga 2 ekor sapi, Polres Natuna 3 ekor sapi dan Polres Anambas 2 ekor sapi

Selanjutnya daging kurban tersebut didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan seperti pondok pesantren, masjid atau musala dan panti asuhan. (red)