Lulus Uji Pemeriksaan, Hewan Kurban di Karimun Dipastikan Layak Dikonsumsi Warga

Hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1445 H/2024 M di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau dipastikan layak untuk dikonsumsi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Hewan kurban seperti sapi dan kambing pada perayaan Idul Adha 1445 H/2024 M di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau dipastikan layak untuk dikonsumsi.

Kelayakan tersebut setelah petugas dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Karimun melakukan proses identifikasi sebelum dan sesudah penyembelihan hewan kurban.

Diketahui pemeriksaan hewan kurban itu dilakukan dengan dua kali yakni ante mortem dan post mortem. Yang mana pemeriksaan ante mortem dilakukan sebelum menyembelih dan post mortem sesudah hewan kurban disembelih.

“Sudah diperiksa oleh petugas dan alhamdulillah hewan kurban seperti sapi dan kambing dinyatakan sehat serta layak untuk dikonsumsi masyarakat,” jelas Sukri ketika dikonfirmasi, Selasa (18/6/2024).

Dikatakan dia, selama proses pemeriksaan tersebut, pihaknya menerjunkan ratusam petugas ke berbagai lokasi tempat penyembelihan hewan kurban.

Lebih lanjut Sukri, pada perayaan Idul Adha tahun 2024 ini Dispangtan Karimun mencatat sebanyak 427 ekor sapi dan 464 ekor kambing yang tersebar di Kabupaten Karimun.

“Tahun ini ada 427 ekor sapi dan 464 kambing. Tapi jumlah tersebut belum final, mengingat masih ada beberapa tempat yang belum melaksanakan penyembelihan,” ujarnya. (Andre)