Pantarlih Melakukan Coklit Data Pemilih Pilkada Mulai 24 Juni 2024

Ilustrasi Pilkada serentak 2024. (Foto: internet)

AlurNews.com – Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Priyo Handoko, mengatakan aplikasi e-Coklit semakin mempermudah petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) dalam melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih jelang Pilkada 2024.

“Pada Pilkada 2024, kami kembali menggunakan e-Coklit untuk mempermudah pemutakhiran data pemilih,” ujarnya, Selasa (19/6/2024).

Menurutnya, penggunaan e-Coklit dapat membantu petugas pantarlih bekerja di lapangan dengan lebih efisien dan efektif.

“Di dalam aplikasi e-Coklit sudah tersimpan data-data pemilih yang akan dicoklit, sehingga pantarlih dapat mengakses data secara elektronik dan melakukan verifikasi dengan lebih cepat dan akurat,” jelas Priyo.

Sistem elektronik ini memastikan akurasi data pemilih dengan lebih baik. Petugas pantarlih dapat memverifikasi data secara elektronik dan menghindari kesalahan manual yang dapat terjadi dalam metode tradisional.

“Dengan menggunakan e-Coklit, petugas pantarlih dapat menghemat waktu karena tidak perlu melakukan pencocokan manual yang memerlukan waktu lebih lama,” tambahnya.

Priyo optimistis target coklit 100 persen pada Pilkada 2024 dapat tercapai, seperti capaian coklit pada Pemilu 2024.

Pihaknya akan mengerahkan 5.906 pantarlih untuk melaksanakan coklit terhadap 1.551.939 daftar pemilih potensial Pilkada 2024 yang tersebar di 3.304 TPS di tujuh kabupaten/kota se-Kepri.

“Coklit dimulai tanggal 24 Juni sampai 25 Juli 2024,” ungkap Priyo.

Selain itu, Priyo menambahkan, di Pilkada 2024 untuk pertama kalinya ada TPS yang akan dicoklit oleh dua orang pantarlih, sementara biasanya satu TPS satu orang pantarlih.

Sesuai regulasi KPU RI, untuk TPS dengan jumlah pemilih lebih dari 400 orang akan diterjunkan dua orang pantarlih.

“Maka itu, total pantarlih yang direkrut lebih banyak dari jumlah perencanaan TPS di Pilkada 2024, karena ada TPS dengan pemilih di atas 400 orang, mayoritas di Kota Batam,” kata Priyo. (ib)