Kalahkan Italia 1-0, Spanyol Lolos ke Babak 16 Besar Euro 2024

Spanyol memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Italia 1-0 pada matchday kedua Grup B, Kamis (21/6) dini hari WIB. (Foto: AP Photo)

AlurNews.com – Spanyol memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah mengalahkan Italia 1-0 pada matchday kedua Grup B, Kamis (21/6) dini hari WIB.

Bertanding di Stadion AufSchalke, Spanyol tampil dominan. Pedri dan rekan-rekannya bermain agresif, memaksa kiper Italia, Gianluigi Donnarumma, bekerja keras sepanjang laga.

Donnarumma langsung mendapat ujian berat saat laga baru dimulai. Beruntung, sundulan jarak dekat Pedro pada menit ketiga masih bisa ditepis Donnarumma.

Pada menit ke-11, giliran Nico Williams yang mengancam. Sayangnya, sundulannya di depan gawang masih melenceng dari sasaran.

Dua menit berselang, Italia merespons melalui Gianluca Scamacca. Ia berhasil meraih umpan jauh dari Jorginho hingga kotak penalti, namun wasit menganggap Scamacca offside.

Spanyol kembali mendapatkan peluang berbahaya di menit ke-25, kali ini melalui tembakan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan Fabian Ruiz. Namun, bola lagi-lagi bisa diselamatkan Donnarumma yang tampil cemerlang.

Beberapa saat sebelumnya, Donnarumma juga sukses menggagalkan tembakan jarak dekat Alvaro Morata yang menembus kotak penalti.

Italia sebenarnya mampu memberikan perlawanan, tetapi serangan yang dibangun kerap kandas sebelum masuk ke kotak penalti. Skor imbang 0-0 bertahan hingga jeda.

Spanyol tetap konsisten memeragakan permainan menyerang. Perjuangan La Furia Roja akhirnya berbuah manis pada menit ke-55 berkat gol bunuh diri Riccardo Calafiori.

Nico Williams menjadi aktor di balik gol tersebut dengan pergerakannya di sisi kiri. Umpannya disundul Alvaro Morata, yang ditepis Donnarumma sebelum jatuh ke kaki Calafiori dan masuk ke gawang.

Williams nyaris menggandakan keunggulan Spanyol pada menit ke-71. Sayangnya, tembakan melengkung pemain Athletic Bilbao itu masih membentur mistar gawang.

Italia berbalik menekan di 15 menit akhir laga untuk mengejar ketinggalan. Namun, tak ada gol yang mampu diciptakan hingga laga tuntas.

Raihan enam poin memastikan Spanyol lolos ke babak 16 besar Euro 2024 mengikuti jejak Jerman. Sementara, Italia harus puas menempati posisi kedua dengan tiga angka. (ib)