Nobar Film Lafran di Batam, Mencari Inspirasi dari Kisah Pendiri HMI

film lafran
Sekda Batam Jefridin hadir dalam nobar film Lafran di MB2 Batam, Kamis (20/6/2024). Foto: Diskominfo Batam

AlurNews.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Batam mengadakan nobar film Lafran di bioskop Mall Botania 2, Kamis (20/6/2024). Film tersebut mengisahkan tentang kehidupan Lafran Pane, pendiri HMI yang dikenal dengan semangat nasionalisme dan keislamannya.

Film Lafran tayang serentak pada 20 Juni 2024 di bioskop Tanah Air. Film ini merupakan karya dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Indonesia (KAHMI).

Dilansir dari laman resmi XXI, film Lafran menceritakan Lafran Pane yang diperankan Dimas Anggara melihat perjuangan mahasiswa Islam harus diwadahi.

Baca Juga: Pengurus HMI dan Kohati Batam Periode 2023-2024 Resmi Dilantik

Ia mendirikan HMI pada tahun 1947. Lafran ingin mahasiswa melek Islam, bisa bergerak secara independent, tidak berafiliasi pada partai politik. Dan yang terpenting punya kepedulian terhadap umat dan bangsa demi tegaknya Indonesia.

Dalam film ini, perjalanan hidup Lafran dirangkum sejak berada di Tapanuli, Jakarta, dan Yogyakarta. Selain dibintangi Dimas Anggara, pemain lain yang terlibat dalam film ini yaitu Lala Karmela, Aryo Wahab, Alfie Alfandi, Ratna Riantiarno, Farandika, Nabil Lungguna, hingga Mathias Muchus.

Sementara itu, nobar yang diselenggarakan HMI Batam turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid. Dalam kesempatan itu ia mengapresiasi film tersebut.

Menurut dia semangat nasionalisme dan keislaman yang diwariskan oleh Lafran Pane sangat relevan dengan upaya Batam dalam membangun sebagai kota yang maju dan sejahtera.

“Semangat ini dapat memotivasi generasi muda untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota, menjaga kerukunan, dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan,” kata dia, dikutip dari laman resmi Pemko Batam.

Jefridin berharap film tersebut dapat menjadi pembelajaran berharga dalam membangun dan memperkuat semangat kebangsaan dan keislaman di kalangan pemuda di Kota Batam. (red)