Tertimbun Longsor, Puluhan Makam TPU Seipanas Tertutup Tanah

Puluhan makam di TPU Taman Langgeng Seipanas, Batam tertimbun longsor, Jumat (21/6/2024). (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Sekitar lebih dari 30 makam yang berada di blok Kamboja atas dan Kamboja bawah Taman Pemakaman Umum (TPU) Seipanas, Batam tertutup timbunan tanah akibat longsor yang terjadi sejak, Jumat (21/6/2024) pagi.

Pengurus TPU Seipanas, Erika menjelaskan terjadinya longsor hingga menutup puluhan makam ini, diduga dikarenakan kondisi cuaca Batam beberapa hari belakangan yang diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga deras.

Pihak pengurus sendiri mengetahui peristiwa tersebut, sekitar pukul 09.30 WIB, Jumat pagi setelah adanya laporan dari warga pemukiman liar yang tinggal di sekitar TPU.

“Pagi tadi kejadiannya, ada warga yang tinggal di sekitar blok Kamboja atas melapor ke kami. Mereka pikir awalnya pohon tumbang. Setelah di cek ternyata longsor,” ungkapnya, Jumat (21/6/2024) sore.

Atas kejadian ini, berdasarkan data sementara sebanyak 8 makam yang berada di blok Kamboja atas dilaporkan tergerus longsor. Sementara sekitar 30 makam yang ada di blok Kamboja bawah masih tertutup tanah.

“Namun itu data sementara, dugaan kami lebih dari itu. Karena masih pengerjaan jadi belum ada data pasti,” lanjutnya.

Hingga saat ini pengurus TPU Seipanas, mengaku masih menunggu bantuan dari Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam. Dimana pihak pengurus hingga sore ini terpantau masih melakukan pembersihan makam secara mandiri dengan menggunakan alat seadanya.

“Sampai sore ini belum ada, sudah lapor dari pagi dan memang sudah ada petugas yang datang untuk pantau. Namun hanya memantau saja, belum ada bantuan,” ujarnya. (Nando)