Gubernur Ansar Ajak Jemaah Haji Kloter 1 Debarkasi Batam Jadi Teladan

jemaah haji debarkasi batam
Gubernur Kepri Ansar Ahmad bersama Ketua PKK Kepri Dewi Kumalasari dan Wagub Kepri Marlin Agustina serta Walikota Batam Muhammad Rudi saat menyambut jemaah haji kloter 1 debarkasi Batam. Foto: Diskominfo Kepri

AlurNews.com (Advertorial) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengajak para jemaah haji kloter 1 Debarkasi Batam yang telah tiba di Batam untuk menjadi teladan. Orang nomor satu di Kepri itu menyambut kedatangan para jemaah di Asrama Haji Batam Center, Sabtu 22 Juni 2024 malam.

Hadir pada kesempatan tersebut Wagub Kepri Marlin Agustina, Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto, Ketua TP PKK Provnsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar, Waka III DPRD Provinsi Kepri Tengku Afrizal Dahlan, Walikota Batam Muhammad Rudi, dan juga Pj. Walikota Tanjungpinang Andri Rizal.

Juga hadir Bupati Bintan Robi Kurniawan, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra, Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, Kakan Kemenag Kabupaten/Kota se-Kepri, Tim Percepatan Pembangunan, Kepala OPD Pemprov Kepri, jamaah haji dan hadirin serta keluarga penjemput lainnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter 1 Tiba di Batam, Walikota Sambut dan Berikan Doa

Gubernur Ansar sendiri mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat datang kembali di Tanah Air kepada para jemaah haji. Ia mendoakan agar ibadah haji yang telah dilaksanakan diterima Allah SWT, dan menjadi haji yang mabrur.

Menurut dia, para jemaah haji patut bersyukur karena telah menunaikan rukun iman kelima yakni melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci. Para jemaah semua hari ini bisa kembali dalam keadaan selamat tak kurang satu apapun.

“Akhirnya atas nama Pemerintah Provinsi Kepri saya mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air. Jadilah bapak ibu contoh dan tauladan yang baik bagi keluarga dan juga lingkungan serta masyarakat, ” ajaknya, dikutip dari laman resmi Pemprov Kepri.

Seperti diketahui, Embarkasi Batam sendiri memberangkatkan sebanyak 28 kloter dari 4 provinsi yakni Provinsi Kepri, Provinsi Riau, Provinsi Jambi dan Provinsi Kalimantan Barat. Adapun untuk jadwal pemulangan sendiri dijadwalkan dari mulai tanggal 22 Juni hingga 21 Juli 2024.

Jemaah kloter pertama asal Kota Batam, sudah diperkenankan kembali ke rumah masing-masing. Sedang yang berasal dari luar Batam, seperti Tanjungpinang, Bintan, dan Natuna akan menginap terlebih dahulu di Asrama Haji Batam.

Kloter pertama embarkasi Batam sendiri memberangkatkan 446 orang jamaah calon haji yang dilepas Gubernur Ansar Ahmad pada tanggal 12 Mei 2024. Mereka berasal dari Natuna 61 orang, Tanjungpinang 205 orang, Bintan 82 orang dan Kota Batam 93 orang.

Adapun yang kembali dalam Debarkasi rombongan kloter pertama sebanyak 448 orang. Ada satu orang meninggal dunia dan 3 orang tanazul. Yakni pemulangan jemaah haji melalui kloter yang berbeda dengan kloter keberangkatan, karena alasan sakit dan kriteria layak terbang lainnya. Serta tambahan mutasi dari kloter lain 6 orang. (red)