KPU Batam Lantik 3.403 Pantarlih untuk Pilkada 2024

tps khusus di batam
Ketua KPU Batam Mawardi. Foto: AlurNews.com/Arjuna

AlurNews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam melantik sebanyak 3.403 petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), Senin (24/6/2023) kemarin.

Ketua KPU Batam, Mawardi menjelasakan, para pantarlih ini akan mendata sejumlah tokoh masyarakat, organisasi, agama, dan pejabat publik sebanyak lima orang per wilayah domisili yang telah diidentifikasi dan dikoordinasikan sebelumnya.

“Pendataan akan disesuaikan dengan wilayah domisili tokoh yang telah kami identifikasi dan dikoordinasikan, sehingga proses pendataan lebih efektif dan efisien,” terangnya, Selasa (25/6/2024).

Mawardi menjelaskan bahwa proses coklit kali ini akan menggunakan sistem informasi elektronik e-Coklit, sehingga penting bagi petugas Pantarlih untuk memahami mekanisme penggunaannya.

“Sebanyak 3.403 pantarlih telah direkrut di Batam, dengan beberapa di antaranya telah dilantik oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Batuaji dan Belakang Padang, disaksikan oleh Anggota KPU Kepulauan Riau, Priyo,” jelas Mawardi.

Mawardi berharap kekurangan dalam proses coklit pada pilkada sebelumnya dapat dievaluasi dan diperbaiki dalam pelaksanaan kali ini.

“Kami akan terus memantau perkembangan proses coklit ini,” kata Mawardi.

Mawardi memastikan bahwa proses pelantikan akan berlanjut dari kecamatan satu ke kecamatan lainnya mulai hari ini. Petugas coklit yang telah dilantik akan segera mulai melakukan pendataan data pemilih.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari pelantikan, apel siaga, apel persiapan, bimbingan teknis (bimtek), hingga pelaksanaan coklit,” ujarnya. (Nando)