Ini Daftar Lengkap Tim Lolos 16 Besar Piala Eropa 2024

Piala Eropa 2024. (Foto: UEFA)

AlurNews.com – Turki dan Georgia menjadi dua tim terakhir yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Hal ini diketahui setelah hasil positif yang diraih kedua tim pada matchday terakhir Grup F Euro 2024, Kamis (27/6) dini hari WIB.

Georgia membuat kejutan besar dengan mengalahkan Portugal di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen. Selecao das Quinas, yang diperkuat Cristiano Ronaldo, ditekuk Georgia dengan skor meyakinkan 2-0.

Hasil ini membuat Georgia mengoleksi empat poin dari tiga pertandingan. Jumlah poin tersebut cukup untuk mengantarkan tim debutan ini membuat sejarah dengan lolos pertama kalinya ke babak 16 besar.

Georgia lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik. Khvicha Kvaratskhelia dan kawan-kawan menyingkirkan Hungaria yang sebelumnya mengintip peluang lolos lewat jalur ini.

Kemenangan juga berhasil diamankan oleh Turki dalam laga yang digelar bersamaan. Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan menang tipis 2-1 atas Ceko yang bermain dengan 10 orang.

Tambahan tiga poin membuat Turki mengakhiri persaingan di Grup F dengan torehan enam poin. Jumlah poin Turki sama dengan yang dimiliki Portugal, tetapi Turki kalah selisih gol.

Dengan hasil ini, Georgia dan Turki mengikuti jejak 14 tim lain yang sudah lebih dulu lolos ke babak 16 besar yang akan mulai berlangsung pada 29 Juni mendatang.

Daftar 16 Tim Lolos Babak 16 Besar Euro 2024
Grup A

  1. Jerman
  2. Swiss

Grup B

  1. Spanyol
  2. Italia

Grup C

  1. Inggris
  2. Denmark
  3. Slovenia

Grup D

  1. Austria
  2. Prancis
  3. Belanda

Grup E

  1. Rumania
  2. Belgia
  3. Slovakia

Grup F

  1. Portugal
    2.Turki
    3.Georgia. (ib)