Hasil Drawing Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Indonesia Segrup Jepang dan Australia

Hasil drawing babak 3 kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: istimewa)

AlurNews.com – Drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sudah dilakukan di markas Asian Football Confederation (AFC) di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (27/6) siang. Hasilnya, Timnas Indonesia berada di Grup C bersama Jepang, Australia, dan Arab Saudi.

Pengundian dimulai sejak pukul 14.00 WIB dan dilakukan oleh legenda Jepang Shinji Okazaki serta mantan pilar Iran Mehdi Mahdavikia. Hadir pula chief tournament officer Piala Dunia 2026, Manolo Zubiria.

Timnas Indonesia yang menduduki peringkat 134 dalam ranking FIFA menempati pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait, yang memiliki peringkat terendah dibandingkan kontestan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia lainnya.

Setelah beberapa sambutan dan pengantar, proses pengundian dimulai sekitar pukul 14.20 WIB.

Pot 6 menjadi yang pertama diundi. Korea Utara kemudian dipastikan menghuni Grup A, Kuwait di Grup B, dan Indonesia di Grup C.

Setelah itu, pot 5 diundi dan memastikan Kirgizstan menghuni Grup A, Palestina di Grup B, dan China satu grup dengan Indonesia.

Pot 4 menjadi yang selanjutnya diundi. Mahdavikia mengambil bola yang berisi Uni Emirat Arab, yang masuk ke Grup A, sementara Oman ke Grup B, dan Bahrain bakal menjadi salah satu lawan Tim Merah Putih.

Negara dari pot 3 yang akan bersaing dengan Indonesia adalah Arab Saudi, yang punya catatan tampil di beberapa Piala Dunia. Sementara Uzbekistan ada di Grup A dan Jordania di Grup B.

Undian pot 2 yang dilakukan Okazaki menempatkan Australia sebagai lawan dari Rizky Ridho Ramadhani dan kawan-kawan. Sedangkan Qatar masuk Grup A, dan Irak ke Grup B.

Negara unggulan utama dari pot 1 yang bergabung dengan Indonesia di Grup C adalah Jepang. Iran ada di Grup A, dan Korea Selatan di Grup B.

Hasil Drawing Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026:

Grup A

  1. Iran
  2. Qatar
  3. Uzbekistan
  4. Uni Emirat Arab
  5. Kirgizstan
  6. Korea Utara

Grup B

  1. Korea Selatan
  2. Irak
  3. Jordania
  4. Oman
  5. Palestina
  6. Kuwait

Grup C

  1. Jepang
  2. Australia
  3. Arab Saudi
  4. Bahrain
  5. China
  6. Indonesia. (ib)