Bandara Hang Nadim Jadi Lokasi Aircraft Training Maskapai Singapura

Bandara Hang Nadim Jadi Lokasi Aircraft Training Maskapai Singapura (alurnews.com)

AlurNews.com, Batam – Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dipilih menjadi lokasi pelatihan pesawat (Aircraft Training) bagi Singapore Airlines & Scoot. Pihak maskapai Singapura ini, rencananya akan menjadi runway Bandara Hang Nadim sebagai lokasi pelatihan touch & go.

Jenis pelatihan ini, disebut bahwa pesawat tidak akan melakukan pendaratan penuh namun langsung melakukan lepas landas berikutnya. Hal ini tertuang dalam penandatanganan kerjasama yang dilakukan PT Bandara Internasional (BIB), dengan General Manager Indonesia Singapore Airlines, Seah Chee Chian, dan Head of Training & Standards Scoot, Capt. James Yun, Selasa (25/6/2024) lalu.

“Untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya, manajemen Singapore Airlines & Scoot secara rutin akan melakukan Aircraft Training menggunakan Bandara Internasional Hang Nadim sebagai salah satu bandara dalam pelatihan tersebut,” jelas Direktur Utama BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, Sabtu (29/6/2024). 

Sebagai bandara yang memiliki runway terpanjang di Indonesia dengan panjang landasan pacu mencapai 4.025 meter serta letak geografis yang strategis berdekatan langsung dengan Singapore dan Malaysia.

Bandara Internasional Hang Nadim telah dinominasikan sebagai bandara alternatif (divert) penerbangan Internasional untuk landing dan take off semua tipe pesawat termasuk pesawat berbadan besar.

“Selain sebagai bandara alternatif divert penerbangan internasional, Bandara Internasional Hang Nadim juga telah siap untuk melayani tidak hanya penerbangan berjadwal, namun juga penerbangan tak berjadwal termasuk Pelatihan Pesawat yang lakukan oleh Singapore Airlines & Scoot,” ujarnya.

Pihak Hang Nadim turut menyampaikan menyambut baik kerjasama ini, Pikri menambahkan kedepan kerjasama ini tidak akan menganggu jadwal penerbangan komersial.

“Penggunaan landasan bandara dalam pelatihan pesawat ini dipastikan tidak akan mengganggu operasional penerbangan komersial. Kerjasama ini merupakan upaya diversifikasi bisnis PT BIB selaku pengelola Bandara Hang Nadim dan kami membuka peluang untuk kerjasama lainnya dalam utilisasi fasilitas kami di Bandara Hang Nadim,” jelasnya.