Penerbitan Paspor Elektronik di Imigrasi Batam Meningkat

paspor elektronik imigrasi batam
Masyarakat melakukan permohonan pembuatan paspor di Imigrasi Batam. Foto: Dok. Imigrasi Batam

AlurNews.com – Penerbitan paspor elektronik di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam naik 26 persen sepanjang semester pertama tahun 2024 dibandingkan periode yang sama di tahun 2023.

Imigrasi Batam mencatat penerbitan paspor sepanjang semester pertama ini sebanyak 35.376 untuk paspor biasa dan 15.492 untuk paspor elektronik. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan semester pertama tahun 2023 sebanyak 12.249 untuk paspor elektronik.

Kepala Seksi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Imigrasi Batam Kharisma Rukmana mengatakan saat ini animo masyarakat Batam terhadap pembuatan paspor elektronik mulai meningkat dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga: Cegah TPPO, Imigrasi Batam Gelar Penyuluhan Desa Binaan

“Hal ini seiring dengan pengetahuan masyarakat terhadap keunggulan paspor elektronik yang meningkat juga,” ujarnya, melalui keterangan tertulisnya yang diterima AlurNews.com, Rabu (3/7/2024).

Meski demikian Imigrasi batam tetap terus meningkatkan pemahaman kepada masyarakat terkait paspor elektronik, melalui penyebaran informasi secara massif di semua platform media sosial Imigrasi Batam. Beberapa giat sosialisasi terhadap masyarakat terkait keunggulan paspor elektronik ini pun terus dilakukan.

“Sebagaimana kita ketahui, paspor elektronik memiliki beberapa keunggulan seperti data lengkap dan akurat tersimpan dalam chip, mudah disetujui dalam pengajuan visa serta bebas visa ke Jepang,” kata dia.

Selain itu pemeriksaan Imigrasi juga lebih cepat karena pemegang paspor elektronik tak perlu repot mengantre di konter pemeriksaan keimigrasian di beberapa bandara atau pelabuhan di Indonesia, melainkan dapat secara langsung melalui auto-gate dengan memindai paspor elektroniknya.

“Cukup tingginya angka penerbitan paspor pada semester awal di tahun 2024 ini sejalan dengan tingginya mobilitas internasional warga Batam, baik itu untuk tujuan wisata, belajar, bahkan umroh” jelas Kharisma.

Saat ini pembaruan aplikasi M-Paspor yang dilakukan secara terus menerus juga telah mempermudah masyarakat dalam pengajuan permohonan paspor.
“Tidak dapat dipungkiri bahwa hadirnya aplikasi M-Paspor ini merupakan bentuk inovasi kantor Imigrasi untuk kemudahan pemohon, sehingga pemohon cukup upload data yg dibutuhkan melalui aplikasi tersebut,” kata dia. (red)