Ribuan Siswa Tak Tertampung Negeri, Walikota Saran Masuk Sekolah Swasta

Walikota Batam, Muhammad Rudi (rul/alurnews.com)

AlurNews.com, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyarankan siswa yang orang tuanya memiliki ekonomi mampu namun tidak tertampung di sekolah negeri agar masuk ke sekolah swasta. Mengingat keterbatasan daya tampung di sekolah negeri.

Pihaknya segera melakukan inventarisir kembali siswa yang tidak masuk ke sekolah negeri sesuai dengan kondisi ekonominya. Dan mencari solusi agar bisa masuk ke sekolah negeri.

Rudi juga berharap para siswa bisa masuk ke sekolah swasta di Kota Batam. Pasalnya Pemko Batam memberikan insentif kepada guru-guru di sekolah swasta, sehingga yayasan di sekolah swasta bisa membantu siswa yang kurang mampu.

Rudi menyarankan agar sekolah swasta bisa meringankan biaya masuk ataupun SPPnya. Sehingga bisa membantu orangtua siswa.

“Dari kita kan udah memberikan ke guru-gurunya, artinya dari yayasan tidak perlu memberikan insentif lebih ya ke guru. Tapi dari pemko sudah lebih, itu bisa membantu pendapatan mereka,” katanya.

Dalam waktu dekat, Pemko Batam akan menjadwalkan untuk duduk bersama dengan pihak sekolah swasta. Mencari solusi agar para siswa tidak berbondong-bondong masuk sekolah negeri.

“Katanya harga antara swasta dan negeri kan lebih mahal swasta, itu mau kita dudukkan. Saya tunggu laporan dari Disdik seberapa banyak yang kekeuh ke sekolah negeri,” katanya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 1.204 siswa tak tertampung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri. Sementara siswa yang tertampung di SMP Negeri sebanyak 12.206 siswa.

Hal ini diketahui setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) diumumkan hari ini, Selasa (2/7/2024). Pengumuman bisa diakses dari website https://ppdbbatam.id dan dari Whatshapp.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Tri Wahyu Rubianto mengimbau untuk siswa yang tidak tertampung di sekolah negeri bisa memilih sekolah swasta. Lantaran tidak bisa tertampung di sekolah negeri secara keseluruhan.

“Kami sarankan ke swasta. Kalau ke sekolah negeri tidak akan tertampung semua juga. Tapi kami tetap menunggu arahan Pak Wali Kota Batam, (Muhammad Rudi),” kata Wahyu.

Seperti diketahui jumlah Rombongan Belajar tingkat SMP untuk PPDB Onine (Rombel) sebanyak 326 rombel. Jumlah Daya Tampung Siswa PPDB Online sebanyak 13.040 siswa.

Jalur afirmasi sebesar 15% atau sebanyak 1.956 siswa. Jalur prestasi sebesar 30% atau sebanyak 3.912 siswa. Jalur Zonasi sebesar 50% atau sebanyak 6.520 siswa. Dan perpindahan sebesar 5% atau sebanyak 652 siswa. (rul)