BC Karimun Musnahkan BMMN Senilai Rp4 Miliar, Didominasi Daging hingga Rokok Ilegal

DJBC Karimun musnahkan barang bukti tangkapan. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabeanan B Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau menggelar pemusnahan Barang yang Menjadi Milik Negara (BMMN) dan benda sitaan.

Pemusnahan barang tersebut digelar di halaman Pelabuhan Ketapang Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (9/7/2024).

Kepala KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun Jerry Kurniawan mengatakan pemusnahan ini merupakan rangkaian dari tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai Community Protector dalam melindungi masyarakat dari pengedaran barang-barang ilegal.

Dikatakan dia, nilai barang yang dimusnahkan mencapai Rp4 miliar dari hasil penindakan tahun 2023 hingga sekarang.

Adapun barang-barang yang dimusnahkan meliputi daging beku, bawang, pakaian bekas hingga rokok tanpa cukai atau ilegal.

“Pemusnahan BMMN ini kita lakukan dengan cara dibakar hingga hancur sehingga tidak dapat dipakai dan tidak memiliki nilai ekomonisnya lagi,” ungkapnya kepada awak media.

Lebih lanjut dia, barang-barang tersebut merupakan hasil penindakan dari operasi pasar, operasi laut serta pelanggaran adminstrasi di pelabuhan.

“Barang-barang yang kami sita dan musnahkan ini sebagai bukti dan tindakan nyata kami menegakkan hukum di bidang kepabeanan dan cukai di wilayah Indonesia khususnya Kepri,” ujarnya. (Andre)