Kafe Bernuansa Doraemon Hadir di Batam

Dolyn Cafe, kafe bernuansa kartun Doraemon hadir di Batam. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Anda pencinta kartun Doraemon? Kini di Kota Batam telah hadir kafe yang mengusung tema tokoh kartun Doraemon.

Dari luar, kafe ini sudah menarik perhatian dengan warna khas Doraemon, yaitu biru cerah. Kusen pintu dan jendela kafe ini diberi sentuhan merah muda yang semakin menambah suasana santai dan ceria.

Di samping papan namanya, ada instalasi patung Doraemon setengah badan, yang seolah ikut menyambut pengunjung yang datang.

“Kafe ini baru buka tanggal 1 Juli kemarin. Saya sengaja membuat kafe ini berkonsep Doraemon, karena saya dulu suka sekali menonton kartun ini,” ujar pemilik Dolyn Cafe, Dewi, Jumat (12 /7/2024).

Pemilik merupakan Warga Kota Batam asal Pekanbaru. Ia salah seorang penggemar Doraemon yang kreatif. Kafe yang mengusung tema tokoh kartun Doraemom merupakan kartun kesukaannya.

“Kafe Doraemon” ini bernama Dolyn Cafe, lokasinya di kawasan Golden City, Bengkong Laut, Kota Batam. Buka setiap hari dari pukul 10.00 sampai pukul 22.00 WIB. Pada saat weekend, kafe ini buka sampai pukul 23.00 WIB.

Doraemon menjadi salah satu tokoh kartun yang memiliki banyak penggemar sejak tahun 1969. Kartun yang diisi tokoh-tokoh bernama Nobita, Doraemon, Sizuka, Suneo, dan Giant, ini telah melekat di hati masyarakat.

Kartun Doraemon selalu menjadi tontonan yang ia tunggu-tunggu setiap hari Minggu. Saking sukanya dengan Doraemon, Dewi juga memiliki beragam koleksi merchandise tokoh kartun ini, mulai dari kertas dinding hingga alat tulis dan kalkulator bergambar Doraemon.

Kafe ini pun menjadi bentuk kecintaan Dewi terhadap Doraemon. Interior kafe ternyata lebih meriah dibandingkan tampilan luarnya. Di area kasir, ada beberapa pajangan bernuansa Doraemon, kemudian, meja dan kursinya pun dipilih berwarna biru, sesuai dengan warna Doraemon.

Ada beberapa boneka Doraemon besar yang bisa dipinjam untuk anak-anak. Selain itu yang paling menarik adalah, pojok instalasi ruangan yang menyerupai kamar Nobita dan Doraemon yang sering muncul di acara kartunnya. Pojok ini menjadi spot foto yang menarik bagi para pengunjung.

“Uniknya, banyak yang datang ke sini pengunjung dewasa. Mungkin mereka mau bernostalgia dengan kartun kesukaan mereka. Tapi banyak juga pengunjung keluarga yang datang membawa anak-anaknya,” ujar Dewi.

Kafe berkonsep Doraemon Dolyn Cafe ini menawarkan berbagai menu makanan dan minuman yang tak kalah lezat dibandingkan kafe lainnya. Beberapa menu makanan beratnya didesain dan diberi nama unik sesuai dengan nama tokoh-tokoh di kartun Doraemon, seperti menu Giant Katsu, dan Nobita Ramen.

Menu yang paling recommended dan banyak digemari di kafe ini, yaitu Suneo Sutekki, hidangan steak ayam dengan kentang goreng dan sayur; serta menu Kareraisu, nasi saus kari dengan ayam, kentang dan wortel. Menu Kareraisu digemari anak-anak karena disajikan dengan bentuk menyerupai kepala Doraemon.

Harga aneka makanan berat yang ditawarkan di sini cukup terjangkau, berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu per porsinya. Sedangkan untuk minuman, ada beberapa menu signature, antara lain, Butterscotch Latte, Exotic Blue, Dolyn Blue Delight, dan Sweet Sothick.

“Kami juga menjual camilan yang terkenal menjadi kesukaan Doraemon, yaitu dorayaki. Dorayaki ini saya sendiri yang membuatnya,” katanya.

Dorayaki yang dijual di sini memiliki dua varian, yaitu isi kacang merah dan isi cokelat keju. Keduanya sama-sama dijual seharga Rp 15 ribu per porsi. Satu porsi dorayaki di Dolyn Cafe cukup mengenyangkan, karena rotinya tebal, lembut, serta isian pastanya manis tetapi pas.

Pelanggan yang ingin membeli kue dorayaki yang ditawarkan kafe ini harus datang lebih awal, sebab, sampai siang kue ini sudah habis. Hal ini menunjukkan banyaknya pengunjung yang memesan kue yang satu ini.

“Saya suka, tempatnya cantik, dan comfy. Awalnya saya lihat dari TikTok, kemudian pas datang ternyata sesuai ekspektasi, sangat recommended,” ujar seorang pengunjung, Amel, yang memang penggemar Doraemon. (roma)