Kunker ke Lingga, Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Rp1,12 Miliar

ansar kunker ke lingga
Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyerahkan bantuan insentif untuk masyarakat, Selasa (16/7/2024). Foto: Diskominfo Kepri

AlurNews.com (Advertorial) – Gubernur Kepri Ansar Ahmad melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Lingga tepatnya di Pulau Benan. Kedatangannya disambut ratusan masyarakat setempat, Selasa (16/7/2024).

Pulau Benan merupakan salah satu tempat yang masuk dalam 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024. Ansar dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja selama tiga hari di Kabupaten Lingga, tepatnya hingga Kamis (18/7/2024) mendatang.

Di Pulau yang masuk dalam Kecamatan Katang Bidare ini Ansar menyerahkan bantuan berupa hibah, insentif serta bantuan revitalisasi dan pembangunan dari Pemerintah Provinsi Kepri. Bantuan yang diserahkan sekitar Rp1,12 miliar. Bantuan itu diserahkan oleh Ansar secara simbolis.

Baca Juga: Lingga Kampiun Kejurda Atletik Antar Pelajar Kepri

Gubernur Ansar berharap berbagai bantuan yang diserahkan ini akan dapat memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat Benan.

“Mudah-mudahan sedikit banyak dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Juga dapat memperkuat ikatan sosial di antara bapak ibu semua,” harapnya.

Bantuan-bantuan itu rinciannya diserahkan untuk hibah rumah ibadah sebesar Rp185 juta, di antaranya untuk Masjid An Nur, Majelis Taklim An Nur dan
Surau Al-Hadis. Kemudian insentif guru PAUD (PAUD, RA, TK) senilai Rp3,6 juta untuk tiga orang per tahun, serta insentif keagamaan untuk 27 orang senilai Rp32,4 juta pertahun.

Selain itu diserahkan juga bantuan sosial kesejahteraan keluarga untuk 31 penerima, bantuan iuran BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat kelautan dan perikanan dengan total penerima 143 orang senilai Rp28,8 juta, bantuan kawat bubu 18 kilogram dengan total 10 penerima senilai Rp11 juta, serta bantuan pengembangan usaha Budi daya teripang dengan total 38 penerima senilai Rp217,5 juta.

Di bidang pendidikan, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan transportasi laut Siswa SMA sebanyak 20 siswa penerima senilai Rp20,9 juta pada tahun 2024, bantuan subsidi SPP siswa SMA sebanyak 65 siswa penerima senilai Rp19,5 juta juga di tahun 2024.

Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan 1 LPM senilai Rp5 juta, bantuan 1 Kades senilai Rp6 juta, bantuan 1 BPD senilai Rp8 juta, bantuan untuk 9 RT senilai Rp13,5 juta, bantuan untuk 5 RW senilai Rp7,5 juta, bantuan 2 Posyandu senilai Rp10 juta, insentif untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) sebanyak 3 orang senilai Rp3,6 juta, dan bantuan 1 paket alat olahraga.

Sedangkan untuk kegiatan fisik, pada tahun 2024 Pemprov Kepri merevitalisasi jalan lingkungan permukiman Desa Benan dengan anggaran Rp560 juta, dan membangun jalan pingkungan Permukiman Surau Al Hafis, dengan anggaran Rp170 juta.

“Khusus di Lingga, kami sudah sediakan dua unit ambulans laut, untuk memaksimalkan performa layanan kesehatan, keperluan rujukan masyarakat Lingga. Semua program tersebut kami persembahkan untuk masyarakat,” ujarnya. (red)