Guntur Sebut Kepri Jadi Tempat Wisata Golf Terbaik di Indonesia

Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti. Foto: AlurNews.com/Nando

AlurNews.com – Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakit mengatakan wilayah Kepulauan Riau (Kepri) kini semakin dikenal sebagai destinasi utama bagi para pecinta olahraga golf di Indonesia dengan berbagai lapangan golf berstandar internasional yang tersebar di wilayahnya.

“Kepri punya lapangan golf bagus di Bintan dan Batam. Total 10, tujuh di Batam dan tiga di Bintan. Secara harga kita juga bisa bersaing. Mereka main di Singapura keluar ratusan dolar untuk berapa kali pukul. Di Indonesia paling murah pun ada. Punya Rp300 ribu bisa main,” kata Guntur saat berada di Kota Batam, beberapa waktu lalu.

Diakuinya lapangan golf di Kepri diakui sebagai lapangan golf terbaik oleh para atlet golf dan wisatawan. Selain harga, Kepri juga memberikan pengalaman bermain golf yang tidak hanya menantang tetapi juga menyuguhkan pemandangan alam yang memukau. Maka dari itu, potensi wisata golf dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Wisata golf memiliki potensi besar untuk mendongkrak kunjungan wisman,” katanya.

Berbagai turnamen golf internasional yang diadakan di Kepri juga menjadi salah satu strategi untuk mempromosikan destinasi ini. Pemerintah daerah juga berkomitmen untuk terus meningkatkan fasilitas dan infrastruktur pendukung pariwisata golf, termasuk akomodasi, transportasi, dan layanan wisata lainnya.

Kolaborasi dengan agen perjalanan dan operator golf internasional juga terus diperkuat untuk menawarkan paket-paket wisata golf yang menarik.

Sebelumnya diberitakan imbas tutupnya lapangan golf di Singapura, ternyata membawa dampak positif terhadap wisata golf Indonesia. Dimana jumlahnya semakin meningkat.

Demikian hal ini diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Pegolf Senior Indonesia (Perpesi) Perpesi Batam – Kepri Periode 2024 – 2029, Taba Iskandar.

“Ini kabar baik bagi kita, karena sebenarnya Batam ini bisa di bilang surga golf. Banyak lapangan golf dan ini bagian dari destinasi wisata,” tutur pria yang menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Kepri ini.

Lokasi Kota Batam yang berdekatan dengan Singapura membuat para Golfer asal Singapura tidak enggan untuk bermain Golf di Kota Batam. Selain itu, rate harga juga lebih murah dari Singapura dan juga daerah-daerah Indonesia lainnya.

Ia mencontohkan misalnya di Jakarta, para Golfer susah dapat slot main. Karena jumlah Golfer lebih banyak. Bahkan harganya juga mahal.

“Kalau di Batam Weekday harga sangat bersaing dan menjanjikan. Maka saya selaku Ketua Himpunan Golf senior memanfaatkan itu. Dan di Batam sangat banyak lapangan golf. Weekend Jumat sampai minggu kita ramai. Lapangan penuh. Kalo gak booking duluan ya sulit dapat lapangan juga,” katanya

Taba menilai kondisi ini sangat menggairahkan dan sangat menjanjikan bagi devisa negara. Terutama di sektor pariwisata olaharaga.

“Makanya kita dering mengadakan PGI dan bersama golf lain mengadakan event seperti ini untuk menjaring golfer dari luar. Agenda jni rutin setiap bulan di adakan,” kata Taba. (Roma)