Tingkatkan Konektivitas Antar Kecamatan, Dishub Natuna Bangun Beberapa Pelabuhan

Kepala Dishub Natuna, Allazi. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Natuna sedang membangun beberapa pelabuhan lokal untuk meningkatkan konektivitas antar kecamatan. Pelabuhan-pelabuhan ini juga akan digunakan oleh kapal Perintis seperti Sabuk Nusantara dan Malahayati.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Natuna, Allazi, mengungkapkan bahwa pembangunan pelabuhan lokal tersebut dilakukan secara bertahap karena keterbatasan anggaran.

Salah satu pelabuhan yang sedang dibangun adalah di Tanjung Pala, yang direncanakan selesai pada tahun 2026.

“Pelabuhan ini juga akan digunakan oleh kapal Perintis seperti Sabuk Nusantara dan Malahayati pada musim angin Utara, dan kami juga membangun pelabuhan di Air Nusa karena pelabuhanya sudah putus dan disambung pakai kayu,” kata Allazi,

Selain Tanjung Pala dan Air Nusa, Dishub Natuna juga melanjutkan pembangunan Pelabuhan Penagi yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

“Pembangunan Pelabuhan Penagi dahulu sudah dibangun dan sudah dipancang, yang dimulai pada tahun 2018 lalu, dan dilanjutkan kembali pada tahun 2023,” jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya merencanakan pembangunan pelabuhan di Teluk Buton. Pihaknya membangun pelabuhan di Teluk Buton itu karena daerah tersebut jalan terdekat ke Pulau Laut, dan ke Kelarik.

“Insya Allah akan kami tingkatkan, dan perencanaannya tahun ini sudah kami anggarkan di 2025,” ungkapnya. (Fadli)