Kalahkan Prancis 5-3, Spanyol Sabet Medali Emas Olimpiade 2024

Spanyol berhasil merebut medali emas setelah secara dramatis mengalahkan Prancis 5-3 dalam perpanjangan waktu pada final cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Paris 2024, Jumat (9/8/2024) malam WIB. (Foto: AFP)

AlurNews.com – Spanyol berhasil merebut medali emas setelah secara dramatis mengalahkan Prancis 5-3 dalam perpanjangan waktu pada final cabang olahraga sepak bola putra Olimpiade Paris 2024, Jumat (9/8/2024) malam WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Parc des Princes ini dimulai dengan Prancis unggul lebih dulu lewat gol Enzo Millot pada menit ke-11. Gol ini tercipta melalui tembakan dari dalam kotak penalti Spanyol.

Namun, Spanyol tidak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-18, Fermin Lopez berhasil membobol gawang Prancis setelah menerima umpan dari Alex Baena, membuat skor menjadi 1-1.

Tak berhenti di situ, Spanyol berbalik unggul 2-1 pada menit ke-25 lewat gol kedua dari Fermin Lopez. Keunggulan Spanyol semakin lebar setelah Alex Baena mencetak gol dari tendangan bebas pada menit ke-28, membawa Spanyol memimpin 3-1.

Skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir, dengan Spanyol unggul 3-1 atas Prancis.

Memasuki babak kedua, Prancis kembali tampil impresif. Pada menit ke-57, sundulan Manu Kone hampir memperkecil ketertinggalan, namun bola hanya membentur mistar gawang Spanyol.

Pada menit ke-72, Prancis kembali mengancam melalui tembakan Kone dari dalam kotak penalti, namun kiper Spanyol berhasil menepisnya. Akhirnya, pada menit ke-78, Prancis berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-3 lewat gol Maghnes Akliouche.

Drama semakin memuncak ketika pada menit ke-89 wasit memberikan penalti untuk Prancis setelah mengecek VAR. Mateta yang menjadi eksekutor berhasil menjalankan tugasnya, membuat skor imbang 3-3 pada menit ke-90+3, saat kemenangan Spanyol tampak sudah di depan mata.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Spanyol dan Prancis terus saling mengancam. Bent Turrientes dari Spanyol nyaris mencetak gol kemenangan pada menit ke-90+6, namun tendangannya hanya membentur mistar gawang. Sementara, tembakan Olise dari Prancis pada menit ke-90+7 berhasil diblok oleh kiper Spanyol. Skor imbang 3-3 bertahan hingga babak kedua berakhir, memaksa pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Pada menit ke-100 di babak perpanjangan waktu pertama, Spanyol kembali unggul 4-3 melalui gol indah Sergio Camello yang menggunakan tendangan chip. Gol tersebut bertahan hingga akhir babak pertama extra time.

Menjelang akhir pertandingan, tepatnya pada menit ke-120+1, Sergio Camello kembali mencetak gol, memastikan kemenangan Spanyol dengan skor 5-3.

Dengan hasil ini, Spanyol berhak atas medali emas, mengakhiri pertandingan dengan kemenangan dramatis atas Prancis. (ib)