Sambut HUT RI, Bulog Batam Gelar Program Siaga Merdeka

Perum Bulog Batam gelar program Bulog Siaga Merdeka sempena HUT ke-79 RI. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dalam rangka menyambut HUT ke-79 Republik Indonesia (RI), Perum Bulog Batam menyelenggarakan kegiatan program Bulog Siaga Merdeka, yang merupakan gerakan pangan murah di Kota Batam.

Kepala Perum Bulog Cabang Kota Batam Meirizal Sudyadi mengatakan kegiatan ini yang diekspos langsung oleh Dirut Utama Perum Bulog di seluruh Indonesia.

“Untuk Kepri digelar di Batam dan Karimun dari 79 titik lokasi kabupaten/ kota,” kata dia saat dijumpai di lokasi Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor Kecamatan Bengkong, Sabtu (17/8/2024).

Program Bulog Siaga Merdeka ini berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Batam dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Batam.

Meirizal menyebutkan dalam kegiatan kali ini Bulog menyediakan komoditi bahan pokok mulai dari beras, gula, minyak, hingga telur ayam.

“Kami memastikan produk Bulog yang tersedia dijual kepada masyarakat dengan harga yang lebih murah dari pada harga pasar,” jelasnya.

Ia menyebutkan dalam kegiatan kali ini Bulog menyediakan kurang lebih 500 kilogram beras SPHP dengan kualitas premium. Namun jika permintaan meningkat selama kegiatan berlangsung, Bulog tentu akan menambah stok.

“Di gudang masih banyak stok. Jadi kami melihat kegiatan ini memang beras yang laris, dan diburu oleh masyarakat. Kami menjual dengan harga yang lebih murah dibanding harga pasar,” imbuhnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam pemenuhan komoditi pokok dari Bulog.

“Program ini hanya berlangsung satu hari. Dari pagi sudah banyak yang datang dan menyasar beras untuk dibeli,” tambahnya.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridi Hamid yang turut hadir dalam kegiatan ini menyampaikan selama ini Bulog Batam sangat berkontribusi dan memiliki peran dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Batam.

“Apalagi Batam ini bukan daerah penghasil. Jadi sangat butuh kolaborasi dalam pemenuhan pangan. Bulog merupakan salah satu yang memegang peran penting dalam hal itu,” ujarnya

Kebutuhan beras di Batam dipasok dari Bulog dan distributor tentunya. Bulog yang merupakan perpanjangan tangan pusat di daerah selama ini sudah menjalankan tugasnya dengan baik.

Untuk itu, adanya kegiatan gerakan pangan murah yang bersamaan dengan perayaan HUT RI tentu sangat diapresiasi oleh Pemko Batam.

Selama ini Pemko Batam menjadikan gerakan pangan murah melalui pelaksanaan pasar murah dalam mengendalikan inflasi di daerah ini.

“Alhamdulillah inflasi Batam terhadap, pemenuhan kebutuhan terhadap beras juga terpenuhi. Peran Bulog penting bagi Batam ini,” katanya. (roma)