Dinsos Batam Anggarakan Rp1 Miliar untuk Urus PMKS

Kepala Dinsos PM Kota Batam, Leo Putra. (Foto: AlurNews)

AlurNews.com – Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) menganggarkan Rp 1 Miliar setiap tahunnya untuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) Nilam Suri. Anggaran ini digunakan untuk berbagai hal dalam Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

“Kani siapkan untuk pemakaian satu tahun. Yaitu untuk makan, petugas disana, tenaga ahli, psikolog, pembimbing agama. Jadi bukan sentuhan langsung berapa duit diberi ke orang itu,” ujar Kepala Dinsos PM Kota Batam, Leo Putra, Senin (19/8/2024).

Pihaknya juga menganggarkan jumlah yang sama untuk UPT pada 2025 mendatang. Namun ada beberapa masukkan dari DPRD Kota Batam dalam membenahi UPT.

“Cuma kemarin kami di dewan membahas supaya fasilitas sana dibenahi, karena kami masukkan orang itu yang dari jalanan, itu lari-lari terus,” katanya.

Dinsos PM juga berencana melakukan revitalisasi Gedung UPT Nilam Suri 2025 mendatang.

“Rencana kami mau ada revitalisasi gedung, supaya lebih tertata. Di sana kami gak bisa juga bersifat seperti membuat semacam mengurung orang, tak bolehkan mereka keluar. Itu tak bisa. Ini masalah sosial, jadi caranya keras pun tak bisa, karena ini masalah sosial, bukan masalah pencurian. Jadi tak bisa keras juga,” katanya.

Leo menuturkan masih banyak masyarakat bertanya-tanya perihal masih adanya gelandangan-gelandangan di jalan. Setelah pijaknya melakukan razia, kebanyakan PMKS tersebut lari. Hal ini dikarenakan, mereka menilai Dinsos Batam melakukan penghukuman.

“Jadi rencana kami benahi, agar membatasi ruang gerak tadi. Agar mereka tidak gampang melarikan diri dari tempat pembinaan,” kata Leo. (roma)