Ini 5 Manfaat Bagi Kesehatan Minum Kopi di Pagi Hari

Manfaat minum kopi di pagi hari bagi kesehatan. (Foto: Alodokter)

AlurNews.com – Minum kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas bagi banyak masyarakat Indonesia. Selain aroma khasnya yang segar dan menenangkan, kopi ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Manfaat kopi bagi kesehatan dapat dirasakan secara optimal apabila diminum dengan cara yang tepat. Namun, perlu diingat bahwa efek kopi dapat bervariasi bagi setiap orang.

Berikut adalah lima manfaat kesehatan dari kopi yang mungkin belum banyak diketahui, sebagaimana dikutip dari Eating Well:

  1. Memperbaiki Suasana Hati
    Minum kopi setiap pagi dapat membantu memperbaiki suasana hati. Secangkir kopi sering dianggap sebagai “tiket kebahagiaan”. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology menunjukkan bahwa orang dewasa yang sehat mengalami peningkatan suasana hati 30 menit setelah mengonsumsi kafein. Rutin minum kopi dengan kafein menghasilkan perbaikan suasana hati yang lebih signifikan dibandingkan minum kopi tanpa kafein.
  2. Menambah Energi
    Biji kopi mengandung kafein, stimulan alami yang dapat membantu seseorang merasa lebih berenergi. Kafein bekerja dengan menstimulasi sistem saraf pusat, memberikan dorongan semangat dan energi untuk memulai hari.
  3. Mengurangi Risiko Alzheimer
    Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa polifenol bioaktif yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Beberapa bukti yang dipublikasikan dalam International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2021 menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko pengembangan kondisi neurodegeneratif seperti Alzheimer, Parkinson, dan demensia.
  4. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular
    Rutin minum kopi juga memiliki dampak positif terhadap kesehatan jantung. Penelitian tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa mengonsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 15 persen.
  5. Meningkatkan Fungsi Tiroid
    Sebuah studi tahun 2023 yang diterbitkan di Nutrition Journal menemukan bahwa asupan kafein dalam jumlah sedang dapat meningkatkan fungsi tiroid pada orang dengan gangguan metabolisme. Asupan kafein antara 9,97 hingga 264,97 miligram per hari dikaitkan dengan tingkat hormon perangsang tiroid yang lebih sehat.

Dengan memahami manfaat ini, Anda dapat menikmati kopi dengan lebih bijak dan mendapatkan manfaat kesehatannya secara optimal. (ib)